Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Dengan School Well-Being

Pertiwi, Rahma Sri (2023) Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Dengan School Well-Being. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (682kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (323kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui gambaran antara dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar dengan school well-being di SMP Negeri 40 Kota Bekasi. sekolah merupakan sarana yang potensial dalam membentuk kepribadian individu serta interaksi antar individu yang baik sehingga sekolah akan memberikan rasa sejahtera terhadap siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 40 Kota Bekasi dengan subjek penelitian siswa kelas 8 berjumlah 120 siswa, penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu tiga bulan dari tanggal 16 januari 2023 sampai 31 Maret 2023. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan vaiabel yang diteliti yaitu hubungan dukuan sosial teman sebaya (X1), dan motivasi belajar (X2), terhadap school well-being (Y). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan skala pengukuran psikologis (kuesioner). Instrumen penelitian ini menggunakan teori dari tokoh House untuk variabel dukungan sosial teman sebaya (X1), tokoh worell dan stiwell untuk motivasi belajar (X2) dan tokoh konu dan rimpela untuk school well-being. Uji yang dipakai dalam penelitian ini adalah uji deskriptif, uji asumsi, uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi dan uji linear berganda. Berdsarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan school well-being, dan terdapat hubungan psositif dan signifikan antara motivasi belajar dengan school well-being. Terdapat pengaruh anatara dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar dengan school well-being secara positif dan signifikan dengan nilai R square sebesar 0,469 (46,9%) dan Nilai Uji F sebesar 15,962 dengan taraf signifikan p= 0,000 (ρ<0,05). Kata kunci: dukungan sosial teman sebaya, motivasi belajar, school well-being.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDHanoum, Magdalena0407026609
Keywords / Kata Kunci: School Well-Being, Dukungan sosial teman sebaya, Motivasi Belajar
Subjects: Psikologi Pendidikan
Pendidikan
Faculty: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi S1
Depositing User: Miss Rahma Sri Pertiwi
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:06
Last Modified: 30 Nov 2023 07:06
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4349

Actions (login required)

View Item View Item