Cahyaningsari, Dyah Ayu (2023) MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.
Text
PENDAHULUAN (1).pdf Download (483kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (236kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (188kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran menulis karangan narasi di sekolah dasar berbagai wilayah Indonesia. Hal ini ditandai dengan banyaknya siswa yang belum mencapai ketuntasan minimum (KKM). Permasalahan tersebut disebabkan kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran concept sentence pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Systematic Literature Review (SLR) merupakan penelitian yang digunakan untuk mengkaji hasil dari penelitian terdahulu secara sistematis berdasarkan suatu tema penelitian yang telah ditetapkan sebelumnya. Penelitian ini menganalisis 24 artikel jurnal yang berkaitan dengan model pembelajaran concept sentence terhadap hasil belajar menulis karangan narasi yang sesuai dengan kriteria inklusi yakni terindeks database Google Scholar jurnal publikasi dari 10 tahun terakhir (2014-2023) bersubjek siswa sekolah dasar. Dari 24 artikel jurnal terdapat 16 artikel jurnal yang menggunakan metode PTK, 7 artikel jurnal yang menggunakan metode eksperimen, dan 1 artikel jurnal yang menggunakan metode R&D. Dari 24 artikel jurnal peneliti menganalisis dari berbagai aspek yaitu: 1) Berdasarkan tahun terbit 10 tahun terakhir (2014-2023); 2) Berdasarkan wilayah; 3) Berdasarkan metode penelitian yang digunakan; 4) Berdasarkan penerapan di sekolahdasar; 5) Berdasarkan berbantuan media dan tidak berbantuan media. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran concept sentence dapat meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi siswa di sekolah dasar pada kelas rendah maupun kelas atas. Merekomendasikan penggunaan media picture and pictur pada model pembelajaran concept sentence agar lebih dapat meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi. Penggunaan model pembelajaran concept sentence ini menunjukan kesimpulan bahwa model pembelajaran ini memberikan pengaruh positif serta dapat meningkatkan hasil belajar pada menulis karangan narasi siswa di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | model pembeljaran concept sentence, menulis narasi, sekolah dasar | |||||||||
Subjects: | Pendidikan | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | ms DYAH AYU CAHYANINGSARI | |||||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2023 09:30 | |||||||||
Last Modified: | 09 Nov 2023 09:30 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4280 |
Actions (login required)
View Item |