PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI

Sholehah, Euis (2020) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN EUIS.pdf

Download (596kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V 3.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini merumuskan 2 pokok permasalahan yaitu : 1). Bagaimana penerapan metode Problem Solving dalam meningkatkan keterampilan memecahkan masalah di SMK ISLAM VINAMA 2 Bekasi? 2). Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Problem Solving? Tujuan dari Penelitian ini yaitu : 1). Untuk mengetahui dan menganalisis penerapan metode problem Solving dalam kemampuan memecahkan masalah peserta didik di SMK ISLAM VINAMA 2. 2).Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode Problem Solving. Manfaat dari penelitian ini yaitu 1.) Secara Teoritis penelitian ini diharapkan memberikan manfaat bagi pengembangan proses belajar mengajar khususnya dalam meningkatkan keterampilan memecahkan masalah peserta didik. 2). Secara Praktis penelitian yang diharapkan bagi peserta didik di SMK ISLAM VINAMA 2 Bekasi: kemampuan peserta didik dalam materi Perilaku Jujur dapat dicapai, Kreativitas belajar peserta didik di SMK ISLAM VINAMA 2 Bekasi menjadi lebih baik. Bagi Guru SMK ISLAM VINAMA 2 Bekasi: guru lebih terampil dalam menggunakan metode mengajar yang bervariatif, memperbaiki kinerja guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, penerapan metode Problem Solving diharapkan dalam penelitian ini dapat memberikan masukan positif bagi peningkatan kreativitas belajar materi Periku Jujur di SMK ISLAM VINAMA 2 Bekasi. Bahwa hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : 1). Metode Problem Solving dapat Meningkatkan Kreativitas belajar siswa dilihat dari hasil ulangan harian dan juga dari perubahan perilaku yang relatif positif pada saat kegiatan belajar. 2). Sikap siswa, selama kegiatan belajar mengajar materi Perilaku Jujur dengan menggunakan metode Problem Solving sikap siswa terlihat antusias dalam kegiatan belajar mengajar baik dari segi keaktifan siswa dalam tanya jawab, dan siswa terlihat senang mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas X. Dari sikap siswa ini menunjukkan bahwasanya pembelajaran materi perilaku Jujur dengan menggunakan metode Problem Solving dikatakan berhasil dilihat dari hasil observasi. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode problem solving ini sebagai berikut : Faktor Pendukung : Sarana dan prasarana menggunakan alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar laptop, dan google classroom, dapat digunakan untuk jumlah siswa yang banyak. Faktor Penghambat : pembelajaran ini hanya dapat dilakukan terhadap siswa yang mempunyai kemampuan mendengar, ,menyimak dan menganalisis.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAsiah, Siti45101012005017
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Ms. Euis Sholehah
Date Deposited: 10 Nov 2023 08:13
Last Modified: 10 Nov 2023 08:13
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4276

Actions (login required)

View Item View Item