GURU PROFESIONAL PERSPEKTIF KI HAJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA

Septiorini, Diah Catur (2023) GURU PROFESIONAL PERSPEKTIF KI HAJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
PENDAHULAN SKRIPSI _ Diah Catur Septiorini -41182911180010.pdf

Download (973kB)
[img] Text
BAB I _ Diah Catur Septiorini - 41182911180010.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB II _ Diah Catur Septiorini - 41182911180010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III _ Diah Catur Septiorini - 41182911180010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV _ Diah Catur Septiorini - 41182911180010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V _ Diah Catur Septiorini - 41182911180010.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKAI _ Diah Catur Septiorini - 41182911180010.pdf

Download (46kB)

Abstract

Diah Catur Septiorini. 41182911180010. Guru Profesional Perspektif Ki Hajar Dewantara dan Relenvansinya Dengan Perkembangan Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam 45 Bekasi. 2023 M/1445 H. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis guru profesional perspektif Ki Hajar Dewantara dan relenvansinya dengan perkembangan pendidikan agama islam di indonesia. Permasalahan yang dihadapi oleh dunia pendidikan adalah rendahnya kualitas pendidikan. Hal ini dapat di lihat dari proses maupun hasil temuan terkait pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang guru profesional yaitu sistem pendidikan yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara adalah Ing ngarso sung tulodho, Ing madyo Mangun karso, dan Tut wuri Handayani, (di depan memberi teladan, ditengah membimbing, dan di belakang memberikan dorongan semangat ). Berdasarkan permasalahan tersebut sangat jelas, betapa krusial dari pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang guru profesional dan relevansinya dengan perkembangan pendidikan agama islam di indoneisa. Ki Hajar Dewantara adalah seorang tokoh Pendidikan yang dalam karya- karyanya ia banyak memiliki pemikiran dalam bidang pendidikan yang dikemukakannya. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dan fokus mengkaji tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan dan guru Profesional yang terdapat dalam bukunya Bagian I Pendidikan. Adapun teknik analisis yang digunakanan adalah analisis isi (content analysis). Hasil temuan dari penelitian ini adalah adanya pemikiran kriteria yang diungkapkan oleh Ki Hajar Dewantara masih relevan dengan saat ini yaitu: Guru hendaknya tetap memiliki budi pekerti yang luhur,Mencintai bangsa dan negara Mampu menguasai, memahami, dan mengajarkan dengan serta mampu melaksanakan pembelajaran dengan terus berinovasi, menggunakan metode serta sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Nilai-nilai yang harus diberikan kepada anak dalam pengajaran adalah: Religius, jujur, toleransi, kerja keras, kerja cerdas, mandiri, kreatif, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, senang membaca, peduli lingkungan, tanggung jawab dan peduli sosial. Kata Kunci: Pendidikan, Guru Profesional, Ki Hajar Dewantara

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
ContributorHasibuan, Akmal Rizki Gunawan0410049201
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Keywords / Kata Kunci: Pendidikan, Guru Profesional, Ki Hajar Dewantara
Subjects: Hukum Islam
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Ms. Diah Catur
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:40
Last Modified: 03 Nov 2023 06:40
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4227

Actions (login required)

View Item View Item