MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DISEKOLAH DASAR

Dewi, Noer Atikah Ratna (2023) MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DISEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN Nur .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 Nur.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2 Nur .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Nur .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka Nur.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy

Abstract

Karya Tulis Ilmiah ini berjudul “Model Student Team Achievement Divisions (STAD) Sebagai Solusi untuk Meningkatan Hasil Belajar PKn di Sekolah Dasar”. PKn merupakan suatu mata pelajaran yang memiliki peranan penting dalam aspek kehidupan sehari-hari sekaligus mengajarkan bagaimana siswa menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab serta dapat berpartisipasi menjadi warga negara yang dapat berfikir kritis, rasional dan kreatif dalam menanggapi permasalahan. Berdasarkan hasil kajian terhadap beberapa jurnal, ditemukan permasalahan pada siswa sekolah dasar yakni rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut terlihat pada jurnal ditemukan masalah seperti banyaknya siswa yang nilai PKn masih dibawah KKM dibandingkan yang melampaui KKM yang telah ditentukan, rendahnya pemahaman dan pengetahuan siswa dalam mengerjakan soal-soal isian singkat, banyak siswa yang kurang interaksi dengan siswa lain sehinga sulit untuk menjadikan pembelajaran yang lebih aktif dan menyenangkan. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) . Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) adalah model pembelajaran yang berpusat Pada siswa dan bersifat kooperatif. Model ini trermasuk tipe pembelajaran yang dikembangkan dengan melibatkan para siswa dalam menemukan konsep sendiri dalam menyelesaikan suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Prediksi hasil dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) siswa diyakini dapat meningkatkan kemampuan: (1) dapat menyelesaiakan suatu permasalahan dengan cepat; (2) berinteraksi antara siswa melalui diskusi/siswa secara bersama dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi; (3) menjelaskan atau menginterprestasikan hasil secara individual dan kelompok; (4) menerapkan dalam kehidupan sehari-hari; (5) mengevaluasi agar bisa merevisi dan melihat kelebihan dan kekurangannya. Kesimpulan berdasarkan dari uraian diatas model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran PKn pada materi kesatuan dan persatuan.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSundari, Kori0404107293
UNSPECIFIEDRikmasari, Rima0404108202
Keywords / Kata Kunci: Model Student Team Achievement Division, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms noer atikah
Date Deposited: 14 Aug 2023 07:08
Last Modified: 14 Aug 2023 07:08
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3483

Actions (login required)

View Item View Item