PENGARUH SELF ESTEEM DAN REGULASI EMOSI TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK SISWA SMA GLOBAL PERSADA MANDIRI

Mudjiono, Sherina Anggraini (2023) PENGARUH SELF ESTEEM DAN REGULASI EMOSI TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK SISWA SMA GLOBAL PERSADA MANDIRI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam “45” Bekasi.

[img] Text
Pendahuluann.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (53kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23kB)

Abstract

Sekolah adalah lembaga pendidikan yang berfungsi sebagai sarana untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Tujuan didirikannya sekolah adalah untuk memberikan bimbingan, administrasi dan pendidikan melalui bimbingan para siswa oleh guru. Fenomena yang terjadi sulitnya siswa menghargai diri mereka sendiri dan juga menjaga ketahanan akademik mereka. Siswa memandang kegagalan itu sebagai sebuah pembelajaran yang bermakna untuk kehidupan selanjutnya. Efek lain yang timbul adalah seperti siswa merasa tidak kuat hingga trauma dan tidak mau sekolah lagi di tempat yang sama dan akhirnya pindah sekolah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan wawancara dan skala penelitian psikologi. Subjek penelitian in adalah siswa SMA Global Persada Mandiri sebanyak 113 Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel yang memberikan penilaian sendiri terhadap sampel dari populasi yang dipilih. Tentu saja, penilaian ini memenuhi kriteria tertentu tergantung pada topik penelitian. Pada penelitian in menggunakan kriteria siswa laki-laki / perempuan, yang menunggak bavaran sekolah minimal 3 bulan atau belum membayar uang Gedung. Intrumen menggunakan skala asli atau baku dari teori yang dipakai. Hasil uji instrument menggunakan cara uji validitas isi dilakukan oleh 4 rater, uji validitas konstruk yang di ujikan kepada 42 responden dan uji realibilitas dengan menggunakan alpha cornbach's. teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif. Uji asumsi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ya itu terdapat hubungan antara resliensi akademik dengan self esteem dinyatakan signifikan dengan r = 0,851, p = 0,000 (p<0,05), yakni Ha diterima dan HO di tolak. Terdapat hubungan antara resiliensi akademik dengan regulasi emosi dinyatakan signifikan dengan r= 0,487, p = 0,000 (p<0,05), yakni Ha diterima dan HO di tolak. Berpengaruh terhadap variable (resiliensi akademik) dengan nilai F sebesar 52,332 dengan nilai sig. sebesar p= 0,000 (p≤0,05) . Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antar variable self esteem dan regulasi emosi terhadap resiliensi akademik. Sehingga Ha diterima, artinya semakin tinggi self-esteem dan regulasi emosi maka semakin tinggi juga resiliensi akademik dan sebaliknya. Nilai R2 (R square) sebesar (0,729) nilai ini menunjukan bahwa sembungan pengaruh self esteem dan regulasi emosi terhadap resiliensi akademik Sebesar (72,9%) sedangkan sisanya (28,1%) di pengaruhi oleh variable lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Resiliensi Akademik, Self esteem, Regulasi Emosi

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDPurwantini, Lucky0410128604
Keywords / Kata Kunci: self esteem, regulasi emosi, resiliensi akademik
Subjects: Psikologi Pendidikan
Faculty: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi S1
Depositing User: Ms. Sherina Anggraini
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:28
Last Modified: 11 Aug 2023 07:28
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3394

Actions (login required)

View Item View Item