UPAYA GURU AL-QUR'AN DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR'AN DI PONDOK TAHFIDZ MUTQIN QUR'AN INDONESIA

Hikmah, Siti Nur (2023) UPAYA GURU AL-QUR'AN DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR'AN DI PONDOK TAHFIDZ MUTQIN QUR'AN INDONESIA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam “45” Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN HIKMAH 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1 Hikmah.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB 2 Hikmah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Hikmah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 Hikmah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 Hikmah.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Hikmah.pdf

Download (411kB)

Abstract

Siti Nur Hikmah. NPM 41182911180081.UPAYA GURU AL-QUR'AN DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR'AN DI PONDOK TAHFIDZ MUTQIN QUR'AN INDONESIA.Program studi Pendidikan Agama Islam. Universits Islam 45 Bekasi. 1444 H/2022 M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru Alquran dalam mengatasi kesulitan membaca dan menghafal Al-Qur'an di Pondok tahfidz Mutqin Qur'an Indonesia Bekasi. Penelitian ini dilatarbelakangi dari masalah masih terdapat santri yang belum mampu membaca dengan baik dan benar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk mengetahui validitas data dengan cara membandingkan data yang sudah didapat dengan sumber yang ada. Pengelolaan data diambil pada saat penelitian observasi langsung di lapangan dan sesudah mengumpulkan data dari lapangan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru Al-Qur'an di Pondok Tahfidz Mutqin Qur'an Indonesia diberikan wewenang dalam mengajar dengan cara spontanitas tanpa ada perencanaan pembelajaran. Namun demikian guru memiliki langkah-langkah tersendiri dalam pembelajaran yang dimulai dengan salam dan diakhiri dengan salam. Selain itu upaya guru untuk meningkatkan kualitas yang dilakukan adalah mengikuti sertifikasi guru Al-Qur'an, menerapkan cara pengajaran yang membolehkan berhenti di huruf yang panjang atau mati pengulangan yang lebih banyak, evaluasi guru, diadakannya pertemuan Wali santri, menambah porsi belajar bagi santri yang mengalami kesulitan di atas rata-rata. Upaya-upaya guru Alquran di pondok Tahfidz nuzul Quran Indonesia sudah terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
Thesis advisorAsiah, Siti-
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Ms. Siti Nur Hikmah
Date Deposited: 17 Mar 2023 04:31
Last Modified: 17 Mar 2023 04:31
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2525

Actions (login required)

View Item View Item