UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN DALAM MELALUI PERMAINAN MODIFIKASI SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS X SMAN 3 TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI

Wardana, Fajar Kusuma (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN DALAM MELALUI PERMAINAN MODIFIKASI SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS X SMAN 3 TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
Pendahuluan Final FKW.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB 1 FKW.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB 2 FKW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 FKW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 FKW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 FKW.pdf

Download (181kB)
[img] Text
DAPUS FKW.pdf

Download (235kB)

Abstract

Fajar Kusuma Wardana : 41182191180106 “Upaya Meningkatan Hasil Belajar Passing Kaki Bagian Dalam Melalui Permainan Modifikasi Sepakbola Pada Siswa Kelas X SMAN 3 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi”.Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas “45” (UNISMA) Bekasi tahun 2022. Penelitian ini bertujuan Untuk Meningkatkan Peningkatan Hasil Belajar Passing Kaki Bagian Dalam Melalui Permainan Modifikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas ini mempunyai langkahlangkah sistematis yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif danpartisipatif karena dilakukan oleh peneliti sendiri dan di amati oleh rekan-rekan pengajar pendidikan jasmani yang lain. Berdasarkan analisa hasil penelitian dan pembahasan dalam skripsi ini, maka dapat disimpulkan bahwa : Pada saat awal observasi, hasil pembelajaran siswa dalam materi passing kaki bagian dalam sepakbola menunjukkan hasil yang masih kurang. Dari jumlah 36 siswa, hanya 8 siswa saja atau 22% siswa yang berhasil menuntaskan pembelajaran mereka. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran mereka memerlukan perbaikan sehingga hasil pembelajarannya bisa optimal. Pada proses penelitian siklus pertama, siswa sudahmenunjukkan perubahansikap dalam pembelajaran. Dari data yang diperoleh, sebanyak 24 siswa atau 67%siswa mampu mencapai nilai sesuai kriteria ketuntasan minimal. Pada penelitian siklus kedua, dari 36 siswa yang menjadi subjek penelitian,32 siswa atau 89% dari jumlah siswa mampu menuntaskan hasil belajar mereka sesuai KKM bahkan beberapa siswa telah melampaui KKM. Hal ini secara nyata bahwa pencapaian target hasil pembelajaran passing kaki bagian dalam sepakbola melalui modifikasi permainan mampu tercapai dengan baik, bahkan melampaui dari target yang ditentukan, yakni 75% siswa mampu mencapai nilai KKM. Disimpulkan bahwa untuk meningkatkan pembelajaran passing kaki bagian dalam sepakbola siswa, khususnya siswa kelas X, maka penggunaan modifikasi permainan merupakan salah satu media yang tepat dan efektif. Kata Kunci : Hasil Belajar Passing Kaki Bagian Dalam, Modifikasi Permainan Gawang Segitiga, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDRidlo, Azi Faiz0407078604
Keywords / Kata Kunci: Kata Kunci : Hasil Belajar Passing Kaki Bagian Dalam, Modifikasi Permainan Gawang Segitiga, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Subjects: Pendidikan Olahraga
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi S1
Depositing User: Mr. Fajar Kusuma Wardana
Date Deposited: 24 Feb 2023 08:40
Last Modified: 24 Feb 2023 08:40
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2476

Actions (login required)

View Item View Item