PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI RELIGIUS SISWA DI SMPN 1 BABELAN

SAFITRI, DINA (2023) PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI RELIGIUS SISWA DI SMPN 1 BABELAN. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM "45" BEKASI.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.docx

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKAA.pdf

Download (146kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan nilai-nilai religius siswa, dan faktor pendukung dan faktor penghambat nilai-nilai religius di SMPN 1 Babelan. Adapun jenis penelitian metode pengumpulaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu dengan teknis analisis data induktif. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru Pendidikan agama Islam, dan siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terkait peran guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan nilai-nilai religius di SMPN 1 Babelan. Berdasarkan hasill dari guru dan siswa diantaranya, peran yang pertama pada Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan nilai-nilai religius siswa merupakan peran seorang pendidik terkait dengan tugas memberikan bantuan, dorongan, supervisi, pembiasaan, pendisiplinan anak peserta didik agar taat pada aturan sekolah dan norma kehidupan dalam keluarga dan masyarakat. Dari penelitian yang dilakukan, penulis menemukan bahwa Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan nilai-nilai religius yaitu sebagai 1) fasilitaor di dalam pembelajaran memberikan pelayanan termasuk ketersediaan fasilitas guna memberi kemudahan dalam kegiatan belajar bagi peserta didik, 2) mediator diartikan sebagai penengah dalam kegiatan belajar siswa, misalnya mengengahi atau memberikan jalan keluar dalam kegiatan diskusi siswa, 3) evaluator yaitu sikap guru mengevaluasi dalam segala aspek kognitif, dan psikomotorik harus berjalan bersama-sama demi meraih hasil yang maksimal dalam pembelajaran. 4) motivator itu sangat penting dalam bidang keagamaan. Motivasi-motivasi yang diberikan bermacam-macam berupa dorongan, cerita-cerita inspiratif. Adapun faktor-faktor pendukung dalam menubuhkan nilai-nilai religius yaitu adanya fasilitas yang cukup memadai, tenaga pengajar ikut membantu dalam menumbuhkan nilai-nilai religius. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu sebagian siswa masih kurang bersemangat melaksanakan nilai-nilai religius dan kurangnya kesadaransebagian siswa dalam menyikapi betapa pentingnya nilai-nilai religius. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Religius siswa di SMPN 1 Babelan sangatlah baik. Kata kunci: Guru, Nilai-nilai Religius, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDASIAH, SITI20220067401
Keywords / Kata Kunci: Guru, Nilai-nilai Religius, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: DINA SAFITRI
Date Deposited: 13 Feb 2023 03:30
Last Modified: 13 Feb 2023 03:30
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2248

Actions (login required)

View Item View Item