Peran kepemimpinan kiai dalam memelihara tradisi pesantren (study kualitatif deskriptif di pondok pesantren riyadhussholihin putri Buntet Cirebon)

Anistiyani, Umiya (2022) Peran kepemimpinan kiai dalam memelihara tradisi pesantren (study kualitatif deskriptif di pondok pesantren riyadhussholihin putri Buntet Cirebon). Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
Pendahuluan-1.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui gambaran secara deskriptif peran kepemimpinan kiai dalam memelihara tradisi pesantren Riyadhussholihin Putri Buntet Cirebon dan tetap terpeliharanya tradisi di pesantren Riyadhussholihin putri meskipun berada di tengah pesatnya perkembangan Pendidikan islam yang modern, dikarenakan Kiai di pesantren Riyadhussholihin ini sangat berperan sekali dalam kemajuan dan perkembangan pesantren terutama dalam memelihara tradisi pesantren. Yang mengatur dari segi sistem pendidikannya, pedoman keilmuannya dan lain sebagainya yang berkaitan dengan pesantren Riyadhussholihin. Adapun peran yang signifikan dari kiai ditemukan sebagai pemikir Pendidikan transformatif dan pemimpin yang humanis. Peran kepemimpinan kiai pondok pesantren Riyadhussholihin ialah sebagai pemikir Pendidikan transformatif dan pemimpin humanis. Dibuktikan dengan semkain berkembangnya Yayasan Riyadhussholihin dan kedekatan beliau dengan para santri, alumni, wali santri dan masyarakat di lingkungan sekitar pondok pesantren Riyadhussholihin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pola pendekatan penelitian deskriptif bertujuan untuk memberikan deskripsi dan mempermudah dalam menjawab masalah-masalah yang terdapat dalam perumusan masalah. Subjek penelitian adalah kiai, sedangkan objek penelitian ini adalah tradisi pesantren . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara terstruktur (structured interview) dan Dokumentasi atau documenter metode yang digunakan untuk menelusuri data historis. Kesimpulan ini sesuai dengan kenyataan yang terjadi pada dunia pendidikan saat ini yakni tradisi pesantren tetap terpelihara di tengah pesatnya perkembangan Pendidikan modern. Kata kunci : Kepemimpinan, Kiai, Tradisi, Pesantren. ABSTRACT The background of this research is to describe descriptively the role of the kiai's leadership in maintaining the tradition of the Riyadhussholihin Putri Buntet Islamic boarding school in Cirebon and maintaining the tradition at the Riyadhussholihin Putri Islamic boarding school even though it is in the midst of the rapid development of modern Islamic education, because the kiai at the Riyadhussholihin Islamic boarding school plays a very important role in the progress and development of Islamic education. the development of pesantren, especially in maintaining the pesantren tradition. Which regulates in terms of the education system, scientific guidelines and so on related to the Riyadhussholihin Islamic boarding school. The significant role of the kiai was found as a transformative education thinker and a humanist leader. The leadership role of the kiai of the Riyadhussholihin Islamic boarding school is as a thinker of transformative education and a humanist leader. It is proven by the growing development of the Riyadhussholihin Foundation and his closeness to the students, alumni, guardians of students and the community around the Riyadhussholihin Islamic boarding school. This study uses a qualitative method, with a descriptive research approach pattern aims to provide a description and make it easier to answer the problems contained in the formulation of the problem. The research subject is the kiai, while the object of this research is the pesantren tradition. Data collection techniques used are observation, structured interviews (structured interviews) and Documentation or documentary methods used to trace historical data. This conclusion is in accordance with the reality that is happening in the world of education today, namely that the pesantren tradition is maintained in the midst of the rapid development of modern education. Keywords: Leadership, Kiai, Tradition, Pesantren.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDGunawan, Akmal Rizki0410049201
Subjects: Deskriptif
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Miss Umiya Anistiyani
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:33
Last Modified: 06 Jan 2023 07:33
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/1825

Actions (login required)

View Item View Item