NARASI BUDAYA POPULER OVERSHARING DALAM KONTEN VLOG YOUTUBE RANS ENTERTAINMENT

Apriliani, Andra Syafilla (2022) NARASI BUDAYA POPULER OVERSHARING DALAM KONTEN VLOG YOUTUBE RANS ENTERTAINMENT. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
Pendahuluan i.pdf

Download (665kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (422kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan praktik kebudayaan Oversharing dalam kegiatan sehari-hari dan kehidupan pribadi selebritis yang dikemas dalam bentuk Vlog dengan menggunakan pola narasi budaya popular oleh Seymour D Chatman dengan merekam cerita atau pengalaman hidup yang komprehensif dari series konten series Daily Vlog Youtube “Kelahiran anak kedua” Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang tergabung di dalam channel RANS Entertaiment. Kemudian menjabarkan bagaimana konsep ruang private yang menjadi ruang publik dalam budaya media digital, juga sebaliknya konsep ruang publik yang menjadi ruang private, praktik hedonism dan kapitalisme muncul pada Series Vlog “Baby R” dan Premiere di YouTube “Exclusive Lahirans Baby Number 2”. Hasil penelitian ini merupakan praktik kebudayaan “Oversharing” yang dijabarkan dengan pola narasi Vlog Rans Entertainment dan dalam pola narasi tersebut muncul wacana hedonism dan kapitalisme yang pemaknaanya seringkali diasosiasikan dengan sosok selebritas. Kata kunci: narasi, oversharing, vlog, YouTube, media digital. This study aims to describe the cultural practice of Oversharing in the daily activities and personal lives of celebrities which are packaged in the form of Vlogs using the narrative pattern of popular culture by Seymour D Chatman by recording comprehensive stories or life experiences from the Daily Vlog Youtube series content series “The Birth of a Child. second” Raffi Ahmad and Nagita Slavina who are members of the RANS Entertainment channel. Then describes how the concept of private space which becomes public space in digital media culture, and vice versa, the concept of public space which becomes private space, hedonism and capitalism practices appear in the Vlog Series "Baby R" and Premiere on YouTube "Exclusive Birth Baby Number 2". The results of this study are the cultural practice of "Oversharing" which is described by the narrative pattern of the Vlog Rans Entertainment and in that narrative pattern emerges the discourse of hedonism and capitalism whose meaning is often associated with celebrity figures. Keywords: narration, oversharing, vlog, YouTube, digital media.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
ContributorBudiman, RidoUNSPECIFIED
Keywords / Kata Kunci: narasi, oversharing, vlog, YouTube, media digital.
Subjects: Studi Langsung Media dan Industri Kreatif
Faculty: Fakultas Komunikasi Sastra dan Bahasa > Sastra Inggris S1
Depositing User: Ms Andra Syafilla Apriliani
Date Deposited: 20 Dec 2022 08:11
Last Modified: 20 Dec 2022 08:11
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/1600

Actions (login required)

View Item View Item