Rahman, Sayyid Abdir (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN ADAB BICARA SISWA KEPADA GURU DI SMPIT AS SABIQUUN SERANG BARU KABUPATEN BEKASI. Magister (S2) thesis, UNIVERSITAS ISLAM "45" BEKASI.
Text
COVER.pdf Download (583kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (93kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
Abstract
ABSTRAK Sayyid Abdir Rahman, Strategi Guru Dalam Meningkatkan Adab Bicara Siswa Kepada Guru di SMPIT As Sabiqqun Serang Baru Kabupaten Bekasi. Program Megister Pendidikan Agama Islam, Sekolah Pascasarjana Universitas Islam 45 Bekasi. Email : Sayyidrohman14@gmail.com, September 2022. Tesis ini bertujuan mengetahui adab bicara siswa kepada guru di SMPIT As Sabiqqun dan strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan adab bicara siswa serta faktor pendukung dan penghambat ketercapaian peningkatan adab bicara siswa kepada guru di SMPIT As Sabiqqun Serang Baru, Kabupaten Bekasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan metode penelitian diskripsif kualitatif, yaitu penelitian yang teknik pengumpulan data melalui observasi atau pengamat dilakukan oleh peneliti dalam rangka mencari informasi lapangan yang akurat yang dapat menceritakan situasi dilokasi tersebut, wawancara yang mendalam dengan narasunber di lapangan, dan penunjang data lainya berupa catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa siswa SMPIT As sabiqqun dapat mempraktekan adab bicara yang baik dan sesuai kepada guru setelah melewati proses pembinaan oleh guru melalui strategi yang diterapkan sekolah secara intensif, diantara strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan adab bicara siswa kepada guru yaitu dengan keteladanan, pembiasaan harian, pemberian hadiah dan hukuman, pengontrolan harian dan sinergi pendidikan dengan orangtua serta pemberian motifasi dan arahan yang dilakukan secara berkala. Adapun faktor pendukung dalam proses peningkatan adab bicara siswa yaitu adanya buku kontrol siswa, aturan sekolah yang baku, kegiatan mabit, pemberian motifasi oleh guru, grup komunikasi dengan orangtua serta organisasi siswa intra sekolah, sedangkan faktor penghambat ketercapaian adab bicara siswa diantaranya kesibukan orangtua dalam bekerja, lingkungan bermain anak yang kurang kondusif, ketidaksiapan siswa dalam berintraksi di media sosial. Kata Kunci : Strategi guru, Adab Bicara, Adab Siswa kepada Guru.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Magister (S2)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Strategi guru, Adab Bicara, Adab Siswa kepada Guru | |||||||||
Subjects: | Etika Manajemen Pendidikan Agama Islam |
|||||||||
Faculty: | Sekolah Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam S2 | |||||||||
Depositing User: | Mr Sayyid Abdirrahman | |||||||||
Date Deposited: | 12 Oct 2022 08:24 | |||||||||
Last Modified: | 12 Oct 2022 08:24 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/1348 |
Actions (login required)
View Item |