UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN MARGAHAYU III

Ningrum, Meiti (2020) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN MARGAHAYU III. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini dikarenakan dalam aplikasi di kelas menulis merupakan keterampilan yang dianggap paling sukar bagi peserta didik, terutama menulis puisi dikarenakan peserta didik kurang mampu menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan. Maka peneliti ingin meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN MARGAHAYU III tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 orang. Terdiri dari 14 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes esai dan lembar observasi kegiatan guru dan peserta didik untuk melihat proses pembelajaran dari model pembelajaran picture and picture. Berdasarkan hasil penelitian siklus I hasil penilian peserta didik memperoleh nilai rata-rata 63, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 69, dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 74. Hasil presentase ketuntasan klasikal menunjukkan pada siklus I memeproleh 25%, siklus II mendapatkan 54%, sedangkan siklus III mendapatkan 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas III SDN MARGAHAYU III.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDRikmasari, Rima0404108202
UNSPECIFIEDAningsih, Aningsih0406018202
Keywords / Kata Kunci: Keterampilan menulis puisi, Model Pembelajaran picture and picture
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Ms. Meiti Ningrum
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:52
Last Modified: 03 Oct 2022 03:52
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/1308

Actions (login required)

View Item View Item