Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Demokratis Di SMAN 2 Cibitung

Azaini, Siti Nurfauzia (2025) Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Demokratis Di SMAN 2 Cibitung. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
COVER ZIA.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFPUS.pdf

Download (207kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter demokratis siswa di SMAN 2 Cibitung. Fokus penelitian meliputi: (1) muatan nilai demokratis dalam buku ajar dan kurikulum PAI, (2) implementasi pembelajaran PAI dalam menanamkan nilai demokratis, serta (3) pandangan siswa terhadap kontribusi PAI dalam pembentukan karakter demokratis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai demokrasi secara eksplisit hanya terdapat pada buku ajar PAI kelas XI, khususnya pada materi tentang toleransi dalam kehidupan sosial, sedangkan buku kelas X dan XII belum memuat nilai tersebut secara langsung. Namun, praktik pembelajaran PAI telah mencerminkan penerapan nilai demokratis seperti keadilan, musyawarah, tanggung jawab, dan kebebasan berpendapat. Nilai-nilai tersebut diimplementasikan melalui metode pembelajaran dialogis, diskusi kelompok, kerja sama, serta keteladanan guru. Kesimpulannya, Pendidikan Agama Islam berperan penting dalam membentuk karakter demokratis siswa melalui pembelajaran yang partisipatif dan reflektif. Sekolah diharapkan menciptakan suasana belajar yang demokratis, guru mengembangkan pembelajaran kontekstual dan menjadi teladan, serta penelitian selanjutnya dapat memperluas kajian pada konteks sekolah lain.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDIrham, Irham0406058602
Keywords / Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Karakter Demokratis, Peran Guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Ms. Siti Nurfauzia Azaini
Date Deposited: 25 Nov 2025 08:01
Last Modified: 25 Nov 2025 08:01
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/9002

Actions (login required)

View Item View Item