METODE PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TPQ DI MASJID NURUL YAQIN BEKASI

Fakhruddin, Muhammad (2025) METODE PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TPQ DI MASJID NURUL YAQIN BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
PENDAHULUAN..pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (455kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat, motivasi, dan keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur‟an di TPQ Masjid Nurul Yaqin Bekasi. Fenomena tersebut muncul akibat metode pembelajaran yang cenderung monoton, bersifat satu arah, dan kurang interaktif, sehingga siswa menjadi pasif dan mudah kehilangan fokus. Kondisi ini menunjukkan perlunya inovasi dalam strategi pembelajaran yang mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, menyenangkan, serta mendorong partisipasi aktif peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba menerapkan metode game based learning sebagai alternatif pendekatan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar Al-Qur‟an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode game based learning dilakukan di TPQ Masjid Nurul Yaqin Bekasi serta untuk menganalisis efektivitasnya dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas 20 peserta didik, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes hasil belajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada aspek keaktifan dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode game based learning. Nilai rata-rata pra-siklus sebesar 51 (materi idzhar-idgham) dan 49,5 (materi ikhfa-iqlab) meningkat menjadi 68 pada siklus I, kemudian mencapai 81,5 pada siklus II dengan kategori baik. Peningkatan tersebut mengindikasikan bahwa pembelajaran berbasis permainan mampu menciptakan suasana belajar yang lebih hidup, memperkuat motivasi, dan menumbuhkan semangat kompetitif yang sehat di kalangan siswa. Dengan demikian, penerapan metode game based learning dapat direkomendasikan sebagai strategi inovatif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Al-Qur‟an di lembaga pendidikan dasar keagamaan.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAsiah, Siti20220067401
Keywords / Kata Kunci: Game Based Learning, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Mr. Muhammad Fakhruddin
Date Deposited: 25 Nov 2025 09:28
Last Modified: 25 Nov 2025 09:28
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8999

Actions (login required)

View Item View Item