STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MENTAL SISWA DI SDN BOJONG RAWALUMBU IX KOTA BEKASI

Taufik Hidayat, Fifik (2025) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MENTAL SISWA DI SDN BOJONG RAWALUMBU IX KOTA BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
pendahuluan ffk.pdf

Download (654kB)
[img] Text
bab 1 ffk.pdf

Download (165kB)
[img] Text
bab2 ffk.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
bab3 ffk.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4 ffk.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5 ffk.pdf

Download (70kB)
[img] Text
dapus ffk.pdf

Download (170kB)

Abstract

ABSTRAK Fifik Taufik Hidayat: 41182911210058 “STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MENTAL SISWA DI SDN BOJONG RAWALUMBU IX KOTA BEKASI” Skripsi, Bekasi : Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam “45” Bekasi 2025. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kesejahteraan mental siswa di SDN Bojong Rawalumbu IX. Fokus penelitian meliputi strategi guru PAI dalam memenuhi kebutuhan rasa aman, cinta, dan penghargaan siswa; upaya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif terhadap pengembangan karakter; serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menggunakan berbagai strategi, seperti bercerita kisah Islami, diskusi, permainan edukatif, refleksi, pembiasaan doa, serta program keagamaan “Jumat Berkah.” Strategi ini terbukti tidak hanya meningkatkan pengetahuan kognitif, tetapi juga memberikan dukungan emosional, spiritual, dan moral bagi siswa. Guru PAI juga menciptakan lingkungan belajar yang religius dan harmonis melalui keteladanan, pembiasaan ibadah, dan penanaman akhlak mulia, sehingga siswa mampu menginternalisasi nilai moral yang berdampak pada kesejahteraan mental mereka. Adapun kendala yang dihadapi guru PAI adalah keterbatasan siswa dalam keterbukaan, minimnya dukungan orang tua, dan terbatasnya jam pelajaran. Kendala tersebut diatasi melalui pendekatan personal, komunikasi dengan orang tua, serta kolaborasi dengan guru lain. Dengan demikian, strategi guru PAI berkontribusi penting dalam pembentukan karakter Islami dan peningkatan kesejahteraan mental siswa. Kata kunci: Strategi Guru PAI, Kesejahteraan Mental, Akhlak, Lingkungan Belajar, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
AuthorIrham, Irham0406058602
Keywords / Kata Kunci: Kata kunci: Strategi Guru PAI, Kesejahteraan Mental, Akhlak, Lingkungan Belajar, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Mr. Fifik Taufik Hidayat
Date Deposited: 11 Nov 2025 09:26
Last Modified: 11 Nov 2025 09:26
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8966

Actions (login required)

View Item View Item