IMPLEMENTASI METODE ASY-SYAFI’I DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI SMPIT BAITUL ILMI BEKASI

Latifatunnisa, Fathia (2025) IMPLEMENTASI METODE ASY-SYAFI’I DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI SMPIT BAITUL ILMI BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
Pendahuluan Cover Fathia.pdf

Download (824kB)
[img] Text
Bab 1 Fathia.pdf

Download (297kB)
[img] Text
Bab 2 Fathia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 Fathia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 Fathia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 Fathia.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Fathia.pdf

Download (227kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Asy-Syafii dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Quran dengan tajwid dan tartil yang benar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah penerapan metode syafi’i dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Alquran, bagaimana proses implementasi metode syafi’i dalam pembelajaran membaca Al-Quran di kalangan siswa, apa kendala yang dihadapi dalam penerapan metode Syafii untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan di SMPIT Baitul Ilmi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi metode Asy-Syafii dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu pembukaan, bacaan oleh guru yang kemudian ditiru oleh siswa dengan bimbingan, penjelasan materi tajwid, serta latihan lisan dan tertulis. Proses pembelajaran ini melibatkan pendekatan yang praktis, sistematis, dan komunikatif dengan pengawasan langsung dari guru. Dalam pelaksanaannya, ditemukan kendala berupa kurangnya motivasi siswa, keterbatasan media pembelajaran, serta kemampuan guru yang variatif. Kendala-kendala ini diatasi dengan pendekatan yang konsisten dan pendampingan intensif. Hasil penelitian mengungkap kontribusi positif metode ini dalam pembelajaran tahsin Al-Quran di SMPIT Baitul Ilmi, dengan peningkatan pemahaman dan keterampilan siswa dalam membaca Al-Quran secara benar dan terstruktur. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya peran guru, media pembelajaran yang memadai, dan motivasi siswa dalam kesuksesan pembelajaran Al-Quran menggunakan metode Asy-Syafii. Diharapkan, penerapan metode ini dapat menjadi referensi bagi pengembangan pembelajaran Al-Quran di lembaga pendidikan Islam lainnya.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
AuthorAsiah, Siti20220067401
Keywords / Kata Kunci: Metode Asy-Syafi’i, Pembelajaran Al-Qur’an, Kemampuan Membaca.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Ms. Fathia Latifatunnisa
Date Deposited: 13 Nov 2025 03:19
Last Modified: 13 Nov 2025 03:19
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8957

Actions (login required)

View Item View Item