Hubungan Motivasi Belajar Agama Islam Dengan Karakter Religius dan Sikap Anti-Bullying Siswa di SMK Industri Nasional 1

Permatasari, Mia (2025) Hubungan Motivasi Belajar Agama Islam Dengan Karakter Religius dan Sikap Anti-Bullying Siswa di SMK Industri Nasional 1. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
Pendahuluan Cover.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB I Mia.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB II Mia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III Mia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV Mia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V Mia.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB)

Abstract

MIA PERMATASARI: 41182911210051 “HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR AGAMA ISLAM DENGAN KARAKTER RELIGIUS DAN SIKAP ANTI-BULLYING SISWA DI SMK INDUSTRI NASIONAL 1” Skripsi, Bekasi: Jurusan Pendidikan Agama Islam 45 Bekasi, 2025. Fenomena menurunnya motivasi belajar, lemahnya internalisasi nilai-nilai agama, serta meningkatnya kasus bullying di sekolah menunjukkan pentingnya peran motivasi belajar Agama Islam dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar Agama Islam dengan karakter religius serta sikap anti-bullying siswa di SMK Industri Nasional 1. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Industri Nasional 1, dengan jumlah sampel 56 responden. Data dikumpulkan menggunakan angket, sedangkan analisis dilakukan melalui uji korelasi Pearson Product Moment, koefisien determinasi, dan uji signifikansi dengan bantuan program SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar Agama Islam dengan karakter religius siswa, dibuktikan dengan nilai thitung 14,329 > ttabel 2,005 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,79 yang berarti motivasi belajar memberikan kontribusi 79% terhadap pembentukan karakter religius, sedangkan 21% dipengaruhi faktor lain. Selain itu, terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar Agama Islam dengan sikap anti-bullying siswa, ditunjukkan dengan nilai thitung 17,031 > ttabel 2,005 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,84, yang berarti motivasi belajar memberikan kontribusi 84% terhadap sikap anti-bullying siswa, sedangkan 16% dipengaruhi faktor lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar Agama Islam siswa, maka semakin baik karakter religiusnya dan semakin kuat sikap anti-bullying yang dimilikinya. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Agama Islam, Karakter Religius, Sikap Anti-Bullying

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDMulyadi, Acep0405066803
Keywords / Kata Kunci: Motivasi Belajar, Agama Islam, Karakter Religius, Sikap Anti-Bullying
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Ms. Mia Permatasari
Date Deposited: 22 Oct 2025 03:37
Last Modified: 22 Oct 2025 03:37
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8869

Actions (login required)

View Item View Item