Raharjo, Muhammad Dawam (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PENERIMAAN SISWA BARU DI MTS NURUL IKHLAS KOTA BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.
![]() |
Text
Pendahuluan.pdf Download (631kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (546kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (733kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (181kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi komunikasi pemasaran dalam penerimaan siswa baru di MTs Nurul Ikhlas Kota Bekasi. Dengan meningkatnya persaingan antar lembaga pendidikan, sekolah perlu memanfaatkan strategi komunikasi yang efektif untuk menarik calon siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari pihak manajemen sekolah, tenaga pengajar, dan orang tua murid yang terlibat dalam proses pendaftaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTs Nurul Ikhlas telah menerapkan berbagai strategi komunikasi pemasaran, baik secara offline (seperti melalui brosur dan spanduk) maupun online (melalui media sosial). Terdapat teori utama dalam penelitian di MTs Nurul Ikhlas Kota Bekasi yaitu bauran komunikasi pemasaran dapat disimpulkan bahwa terdapat unsur-unsur dalam bauran pemasaran yang berpengaruh positif terhadap minat calon siswa, karena unsur-unsur tersebut dapat mempengaruhi minat calon siswa. Komunikasi pemasaran dapat berlangsung melalui berbagai media, baik cetak maupun elektronik. Komunikasi yang efektif dan terencana terbukti dapat meningkatkan minat calon siswa dan memperkenalkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh sekolah. Penelitian ini juga menemukan pentingnya keterlibatan orang tua dalam proses promosi sekolah. Disarankan agar pihak sekolah terus mengembangkan strategi komunikasi pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital yang semakin berkembang, serta meningkatkan kualitas komunikasi dengan calon siswa dan orang tua untuk memperkuat brand image sekolah. Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Bauran Komunikasi Pemasaran, Pemasaran Pendidikan. This study aims to analyze the application of marketing communication strategies in admitting new students at MTs Nurul Ikhlas Bekasi City. With increasing competition among educational institutions, schools need to utilize effective communication strategies to attract prospective students. This research uses a qualitative approach with data collection techniques through interviews, observations, and documentation studies. The research subjects consisted of school management, teaching staff, and parents of students involved in the registration process. The results showed that MTs Nurul Ikhlas has implemented various marketing communication strategies, both offline (such as through brochures and banners) and online (through social media). There is a main theory in the research at MTs Nurul Ikhlas Bekasi City, namely the marketing communication mix, it can be concluded that there are elements in the marketing mix that have a positive effect on the interest of prospective students, because these elements can influence the interest of prospective students. Marketing communication can take place through various media, both print and electronic. Effective and planned communication is proven to increase prospective students' interest and introduce the advantages possessed by the school. This study also found the importance of parental involvement in the school promotion process. It is recommended that schools continue to develop marketing communication strategies by utilizing technology. Keywords: Marketing Communications, Marketing Communications Mix, Educational Marketing.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
||||||
Keywords / Kata Kunci: | Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Bauran Komunikasi Pemasaran, Pemasaran Pendidikan. | ||||||
Subjects: | Ilmu Komunikasi | ||||||
Faculty: | Fakultas Komunikasi Sastra dan Bahasa > Ilmu Komunikasi S1 | ||||||
Depositing User: | Mr. Muhamad Dawam Raharjo | ||||||
Date Deposited: | 24 Sep 2025 01:49 | ||||||
Last Modified: | 24 Sep 2025 01:49 | ||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |