Saidah, Saidah (2025) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI LEARNING DAN PROBLEM BASE LEARNING DALAM MENINGKATKAN NILAI SPIRITUAL SISWA DI SEKOLAH SMA N 1 BABELAN KABUPATEN BEKASI. Magister (S2) thesis, Universitas Islam 45.
![]() |
Text
pendahuluan.pdf Download (757kB) |
![]() |
Text
BAB 1 SAIDAH.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
BAB II SAIDAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (668kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III SAIDAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
Abstract
ABSTRAK Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Learning Dan Problem Base Learning Dalam Meningkatkan Nilai Spiritual Siswa Di Sekolah SMA N 1 Babelan Oleh: Nama : Saidah Jabatan : Mahasiswa MPAI Eamil : idasaidah1106@gmail.com Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembentukan nilai spiritual siswa melalui strategi pembelajaran yang aktif, reflektif, dan kontekstual. Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran sentral dalam membentuk karakter religius peserta didik, khususnya pada tingkat SMA yang merupakan fase pembentukan identitas diri. Strategi Inkuiri Learning dan Problem Based Learning (PBL) dipilih karena keduanya menekankan pada proses berpikir kritis, pemecahan masalah, dan refleksi nilai, yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran abad ke-21. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas kepala sekolah, guru PAI, guru BK, serta peserta didik kelas X, XI, dan XII di SMA Negeri 1 Babelan, Kabupaten Bekasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Inkuiri Learning diimplementasikan melalui tahapan orientasi, perumusan masalah, pengajuan hipotesis, pengumpulan data, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan yang menumbuhkan kesadaran spiritual siswa. Sementara itu, strategi Problem Based Learning diterapkan melalui tahapan penjelasan tujuan, pendefinisian masalah, pengumpulan informasi, penyusunan karya, dan refleksi. Keduanya terbukti efektif dalam membentuk sikap religius, tanggung jawab, dan kepedulian siswa terhadap nilai-nilai Islam. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa implementasi strategi Inkuiri Learning dan Problem Based Learning mampu meningkatkan nilai spiritual siswa secara signifikan. Kedua strategi memberikan dampak positif terhadap keterlibatan emosional dan spiritual siswa dalam proses pembelajaran PAI. Penerapan strategi ini tidak hanya mendorong siswa berpikir kritis, tetapi juga merefleksi diri serta mengintegrasikan nilai- nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Inkuiri Learning, Problem Based Learning, Nilai Spiritual, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Magister (S2)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Kata Kunci: Inkuiri Learning, Problem Based Learning, Nilai Spiritual, Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Faculty: | Sekolah Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam S2 | |||||||||
Depositing User: | Ms Saidah Saidah | |||||||||
Date Deposited: | 19 Sep 2025 07:56 | |||||||||
Last Modified: | 19 Sep 2025 07:56 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8586 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |