Upaya meningkatkan Pemahaman konsep Matematika Melalui Metode Problem Based Learning pada siswa kelas III SD Islam Teratai Putih Global

Nurfitria, Dwita (2025) Upaya meningkatkan Pemahaman konsep Matematika Melalui Metode Problem Based Learning pada siswa kelas III SD Islam Teratai Putih Global. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
pendahuluan.pdf

Download (7MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (5MB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf

Download (589kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa, yang ditandai dengan : siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep matematika, khususnya pada materi pecahan senilai dan membandingkan pecahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas III SD Islam Teratai Putih Global melalui metode Problem Based Learning. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah 22 siswa kelas III SD Islam Teratai Putih Global. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi, dan data dianalisis secara deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa secara signifikan. Pada siklus I, persentase keberhasilan siswa sebanyak 41%, pada siklus II meningkat menjadi 68%, dan pada siklus 3 sebanyak 82% melampaui indikator keberhasilan yaitu minimal 80% siswa mencapai nilai ≥75. Peningkatan ini mencakup beberapa indikator pemahaman konsep, seperti menyatakan ulang konsep, mengklasifikasikan objek, menerapkan algoritma, menyajikan representasi, dan mengaitkan berbagai konsep matematika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas III SD Islam Teratai Putih Global. Kata kunci: Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Matematika, Pecahan, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAningsih, Aningsih04060182-02
UNSPECIFIEDArrahim, Arrahim0419038901
Keywords / Kata Kunci: Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Matematika, Pecahan, Sekolah Dasar
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: MS DWITA NURFITRIA
Date Deposited: 20 Aug 2025 08:46
Last Modified: 20 Aug 2025 08:46
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8359

Actions (login required)

View Item View Item