Pelatihan Expressive Writing untuk Menurunkan Stress Akademik pada Mahasiswa

Nurzahrani, Irna (2025) Pelatihan Expressive Writing untuk Menurunkan Stress Akademik pada Mahasiswa. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (127kB)

Abstract

Mahasiswa sering menghadapi tekanan akademik yang memicu stres, khususnya di pertengahan semester. Salah satu teknik yang terbukti efektif untuk mengelola stres akademik adalah expressive writing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan expressive writing terhadap penurunan stres akademik pada mahasiswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental dua kelompok pretest-posttest. Subjek berjumlah 40 mahasiswa semester 5 Universitas Islam 45 Bekasi yang dipilih melalui purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah Skala Stres Akademik (ESSA) dan skala pelatihan expressive writing yang dimodifikasi dari tahapan Hynes & Thompson menjadi 7 sesi, dengan reliabilitas masing-masing sebesar 0,765 dan 0,964. Hasil analisis menggunakan uji Paired dan Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa pelatihan expressive writing secara signifikan menurunkan stres akademik mahasiswa (t = -7.229; p < 0.05) dan terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol (t = -5.656; p < 0.05). Dengan demikian, expressive writing dapat menjadi intervensi psikologis efektif yang membantu mahasiswa mengelola stres akademik secara mandiri. Kata kunci: expressive writing, stres akademik, pelatihan psikologis

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
ContributorMuslimah, Alfiana Indah0422098601
Keywords / Kata Kunci: expressive writing, academic stress, psychological training,stres akademik, pelatihan psikologis
Subjects: Psikologi Pendidikan
Psikologi Perkembangan
Penelitian Tindakan Kelas
Faculty: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi S1
Depositing User: Miss Irna Nurzahrani
Date Deposited: 05 Aug 2025 07:07
Last Modified: 05 Aug 2025 07:30
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8249

Actions (login required)

View Item View Item