TITIK TEMU PEMIKIRAN PENDIDIKAN PAULO FREIRE DENGAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM AHMAD TAFSIR

Rasyiddin, Muhammad (2025) TITIK TEMU PEMIKIRAN PENDIDIKAN PAULO FREIRE DENGAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM AHMAD TAFSIR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)

Abstract

Muhammad Rasyiddin 41182911200059. TITIK TEMU PEMIKIRAN PENDIDIKAN PAULO FREIRE DENGAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM AHMAD TAFSIR. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam 45 Bekasi. (1446 H/2025 M). (95 halaman [jumlah dari cover hingga dapus]) Penelitian ini bertujuan untuk memahami pemikiran pendidikan Paulo Freire dan pemikiran Ahmad Tafsir dengan tujuan untuk memahami perbedaan pemikirannya, serta menemukan titik temu antara dua tokoh pendidikan tersebut yang akan disimpulkan dalam konteks pendidikan islam. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan pendekatan kualitatif, sumber data utamanya adalah karya-karya dari Paulo Freire Ahmad Tafsir, dengan sumber sekunder berupa buku karya Paulo Freire lainnya serta artikel yang membahas terkait pemikiran dua tokoh tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa teori Pendidikan Paulo Freire mencakup empat hal, yakni pendidikan yang humanis, pendidikan kesadaran berpikir kritis, pendidikan hadap masalah serta pendidikan yang dialogis. Dari teorinya menghasilkan pendidikan yang memerdekakan peserta didik dari segala kekangan kurikulum yang menyeragamkan pemikiran dan memberikan kebebasan berpikir kritis untuk menyelesaikan problematika pada realitas melalui dialog untuk menamai dunia. Namun teori tersebut mendapat perbedaan dan titik temu dari pemikiran pendidikan Ahmad Tafsir yang bergerak pada pendidikan islam. perbedaan tersebut muncul karena historis kehidupan yang lampau dari dua tokoh. Freire menjunjung tinggi mengenai pembebasan atas ketertindasan dan kesenjangan sosial, sedangkan Tafsir menjunjung tinggi syariat agama islam pada pendidikan yang dilaksanakan. Namun dari dua pemikiran tokoh tersebut memiliki titik temu yang bermanfaat pada pendidikan islam.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
ContributorKhoir, Abdul0424026901
Keywords / Kata Kunci: Paulo Freire, Ahmad Tafsir, Pendidikan islam
Subjects: Filsafat Pendidikan
Pendidikan
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Mr. Muhammad Rasyiddin
Date Deposited: 10 Jul 2025 03:25
Last Modified: 10 Jul 2025 03:25
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7963

Actions (login required)

View Item View Item