Pengaruh Pemahaman Pembelajaran Geografi Terhadap Kesadaran Perubahan Iklim Pada Siswa SMAN 1 Muara Gembong

Khairunnisa, Arini Hasnabilah (2025) Pengaruh Pemahaman Pembelajaran Geografi Terhadap Kesadaran Perubahan Iklim Pada Siswa SMAN 1 Muara Gembong. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
Pendahuluan-1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman pembelajaran geografi terhadap kesadaran perubahan iklim pada siswa kelas XI di SMAN 1 Muara Gembong. Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya peran pendidikan geografi dalam meningkatkan kesadaran lingkungan, khususnya mengenai isu-isu perubahan iklim yang semakin nyata dirasakan, terutama di wilayah pesisir seperti Muaragembong yang rentan terhadap bencana banjir rob. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan kepada 68 responden. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman pembelajaran geografi siswa adalah 29 dengan standar deviasi 3, sedangkan rata-rata kesadaran perubahan iklim adalah 67 dengan standar deviasi 2. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemahaman pembelajaran geografi terhadap kesadaran perubahan iklim, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,536 dan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000. Hal ini diperkuat dengan nilai t-hitung sebesar 9,157 yang lebih besar dari t-tabel, yang berarti hipotesis nol ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pemahaman siswa terhadap pembelajaran geografi, maka semakin tinggi pula kesadaran mereka terhadap perubahan iklim. Kata Kunci : Pemahaman Geografi, Perubahan Iklim, Kesadaran , Siswa

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDMaulana, Yoga Candra0419018403
UNSPECIFIEDAmin, Amin0414037001
Keywords / Kata Kunci: Pemahaman Geografi, Perubahan Iklim, Kesadaran , Siswa
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi S1
Depositing User: MS Arini Hasnabilah Khairunnisa
Date Deposited: 11 Jun 2025 08:11
Last Modified: 11 Jun 2025 08:11
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7797

Actions (login required)

View Item View Item