Nur Aini, Ani and Arrahim, Arrahim and Budianti, Yudi (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA REALIA SISWA KELAS 1 SD NYALINDUNG 1 SUMEDANG. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10 (1). pp. 116-125. ISSN 2502-8391
![]() |
Text
ANI NUR AINI_41182109210014.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan pencapaian hasil belajar matematika siswa kelas I SD Nyalindung I Sumedang dengan memanfaatkan media realia. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik dalam pengumpulan data menggunakan tes formatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 sebanyak 25 orang. Hasil belajar matematika dapat ditingkatkan dengan menyelidiki media realia. Peningkatan hasil belajar siswa tercermin dari nilai yang dicapai oleh siswa. Kemajuan pembelajaran tersbut dapat dilihat dari rata-rata kemajuan jumlah siswa yang belajar matematika meningkat 74 pada siklus I menjadi 94 pada siklus II. Siswa yang lulus belajar dengan KKM > 75 mengalami kenaikan sebesar 88% dari sebelumnya di siklus I, persentase adalah 48%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 92%. Hasil terebut telah melampau indikator yang telah ditetapkan, yaitu 80%. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa penggunaan media realia dalam pembelajaran matematika dapat meningkatakan hasil belajar siswa yang telah mencapai kriteria keberhasilan.
Item Type: | Article | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Hasil belajar, Pembelajaran matematika, Media realia | |||||||||
Subjects: | Pendidikan | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | MS ANI NUR AINI | |||||||||
Date Deposited: | 04 Jun 2025 08:21 | |||||||||
Last Modified: | 04 Jun 2025 08:21 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7767 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |