PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN KOTA BARU III BEKASI BARAT

Sukmawati, Titis (2025) PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN KOTA BARU III BEKASI BARAT. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
1. PENDAHULUAN - REPOSITORY.pdf

Download (704kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
6. BABV.pdf

Download (36kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya permasalahan rendahnya pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN Kota Baru III Bekasi Barat. adapun permasalahan yang paling bermaslah dari 7 indikator permasalahan dapat diliat yaitu: (1) siswa sulit mengungkapkan ulang sebuah konsep. (2) siswa kesulitan dalam membedakan contoh dan non contoh. (3) siswa kesulitan dalam menentukan prosedur tertentu. (4) siswa kesulitan dalam menyelesaikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan model CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam meningkatkan pemahaman konsep pada mata pelajaran matematika siswa kelas Iv SDN Kota Baru III Bekasi Barat. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dalam setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan dengan subjek penelitian berjumlah 25 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes tertulis. Adapun kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80% dengan nilai yang diperoleh siswa yaitu 75. Hasil presentase ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan pemahaman konsep mata pelajaran matematika pada siklus I sebesar 60% dengan nilai rata-rata 71,04 dan siklus II sebesar 88% dengan nilai rata-rata 85,52. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran (CTL) Contextual Teaching and Learning mampu meningkatkan pemahaman konsep pada mata pelajaran matematika siswa sebesar 28%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran (CTL) Contextual Teaching and Learning mampu meningkatkan pemahaman konsep pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN Kota Baru III Bekasi Barat. Kata Kunci : CTL (Contextual Teaching and Learning), Pemahaman Konsep, Matematika, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDArrahim, Arrahim0419038901
UNSPECIFIEDVictorynie, Irnie0419068204
Keywords / Kata Kunci: CTL (Contextual Teaching and Learning), Pemahaman Konsep, Matematika, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: MS TITIS SUKMAWATI
Date Deposited: 04 Jun 2025 08:30
Last Modified: 04 Jun 2025 09:07
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7756

Actions (login required)

View Item View Item