IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI METODE PEMBIASAAN BERKATA BAIK PADA ANAK USIA DINI DI SALSABILA ISLAMIC PRESCHOOL

Dianti, Ratna (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI METODE PEMBIASAAN BERKATA BAIK PADA ANAK USIA DINI DI SALSABILA ISLAMIC PRESCHOOL. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
01 COVER PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf

Download (129kB)
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)

Abstract

Pendidikan akhlak memegang peranan yang sangat penting. Akhlak, yang mencakup etika, moral, dan budi pekerti, menjadi kompas bagi individu dalam bertindak dan berinteraksi dengan lingkungannya. Berbagai fenomena sosial seperti meningkatnya kasus perundungan, kurangnya rasa hormat terhadap orang yang lebih tua, penggunaan bahasa kasar, merendahkan, atau membentak yang bahkan sering muncul dalam interaksi antar anak serta merosotnya sopan santun dalam berkomunikasi menjadi indikasi adanya permasalahan dalam internalisasi nilai-nilai akhlak termasuk di lingkungan prasekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus untuk memahami bagaimana program pembiasaan berkata baik direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi di lingkungan sekolah dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Waktu penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan terhitung sejak tanggal 1 April 2025 sampai dengan tanggal 3 Mei 2025. Adapun teknik analisis data yang digunakan dengan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Salsabila Islamic Preschool telah mengimplementasikan pendidikan akhlak melalui metode pembiasaan berkata baik secara terstruktur dan terintegrasi dalam seluruh aspek kegiatan sekolah. a.) Perencanaan program meliputi penentuan tujuan, penyusunan materi pembelajaran serta pemilihan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. b.) Pelaksanaan diwujudkan melalui Kegiatan pembukaan, kegiatan inti, kegiatan penutup memperkuat pemahaman siswa, dan kegiatan rutin seperti salam pagi, berdoa, makan bersama, serta berbagi. c.) Evaluasi program dilakukan secara berkala dan berkelanjutan melalui lembar observasi harian, catatan anekdot, lembar penilaian portofolio hasil karya siswa, umpan balik dari orang tua, serta refleksi guru. Hasil temuan penilitian juga menunjukan bahwa pendidikan akhlak melalui metode pembiasaan berkata baik pada siswa di Salsabila Islamic Preschool berdampak signifikan berdampak positif pada perilaku dan karakter siswa, baik di lingkungan sekolah maupun di rumah yang meliputi : a.) Peningkatan Penggunaan Kata-Kata Positif dan Sopan; b.) Tumbuhnya Kesadaran akan Dampak Perkataan c.) Kesadaran Spiritual dalam Akhlak Mulia; dan d.) Dampak Positif di Lingkungan Rumah.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDGhofur, Abdul0412018302
Keywords / Kata Kunci: Pembiasaan Berkata Baik, Pendidikan Akhlak, Prasekolah.
Subjects: Deskriptif
Pendidikan
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Ms. Ratna Dianti
Date Deposited: 02 Jun 2025 08:12
Last Modified: 02 Jun 2025 08:12
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7721

Actions (login required)

View Item View Item