Manajemen Waktu Dengan Kemandirian Belajar Pada Mahasiswa

Safitri, Irda Ayu (2025) Manajemen Waktu Dengan Kemandirian Belajar Pada Mahasiswa. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
Pendahuluan-1.pdf

Download (793kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (78kB)

Abstract

MANAJEMEN WAKTU DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MAHASISWA Irda Ayu Safitri (ayuirdasafitrii872@gmail.com) Alfiana Indah Muslimah (alfianaherawan@gmail.com ) Universitas Islam 45 ABSTRACT Students are young intellectuals who are required to carry out all academic processes in a college in order to achieve their learning goals. Self Regulated Learning factored by time management can help a learning process achieve good learning outcomes. In this case, individuals are able to prioritize the priority scale of academic fields. This study aims to determine the description, relationship, and influence of time management on learning independence in active students of the Islamic University "45" Bekasi. This study uses a quantitative method with subjects of active students of the Islamic University "45" Bekasi. The data collection method uses semi-structured interview techniques and psychological scale instruments with a Likert scale model consisting of the time managemen Self Regulated Learning and scale. The quality of the scale is measured through content validity testing, construct validity testing, and Cronbach Alpha reliability testing. The data analysis technique uses descriptive analysis techniques, assumption testing techniques, through normality testing and linearity testing, then hypothesis testing through Spearman's Rho Rank correlation testing and simple linear regression testing. The results of the Correlation Test show that there is a positive relationship that is not strong and significant between time management and Self Regulated Learning with a value of r = 0,317 and p = 0.002 (p <0.05). The results of the linear regression test show that there is a significant positive influence with a value of t = 4.145, p = 0.000 (p <0.05). The value of the determination coefficient R2 is 0.156 which means that the Time Management variable contributes an influence of 15.6% to Self Regulated Learning. Keywords: Time Management, Self Regulated Learning, College Student xiv ABSTRAK Mahasiswa adalah kalangan muda intelektual yang wajib menjalankan seluruh proses akademik dalam sebuah perguruan tinggi guna mencapai tujuan belajar mereka. Kemandirian belajar yang difaktori oleh manajemen waktu dapat membantu suatu proses pembelajaran mencapai target hasil belajar yang baik. Dalam hal ini indiviu mampu mengutamakan skala prioritas bidang akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui Gambaran, hubungan, dan pengaruh manajemen waktu terhadap kemandirian belajar pada mahasiswa aktif Universitas Islam “45” Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan subjek mahasiswa aktif Universitas Islam “45” Bekasi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi terstruktur dan instrumen skala psikologi dengan model skala likert yang terdiri dari skala Manajemen Waktu dan skala Kemandirian belajar. Kualitas skala dikukur melalui uji validitas isi, uji validitas konstruk, dan uji reliabilitas Cronbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, teknik pengujian asumsi, melalui uji normalitas dan uji linearitas, lalu pengujian hipotesis melalui uji korelasi Rank Spearman’s Rho dan uji regresi linear sederhana. Hasil Uji Korelasi menunjukan asil bahwa terdapat hubungan positif tidak kuat dan signifikan antara manajemen waktu dengan kemandirian belajar dengan nilai r = 0,317 dan p = 0,002 (p<0,05). Hasil uji regresi linear menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan dengan nilai t= 4,145, p = 0,000 (p<0,05). Adapun nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,156 yang mengartikan bahwa variabel manajemen waktu menyumbang pengaruh sebesar 15,6 % terhadap kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDMuslimah, Alfiana Indah0422098601
Keywords / Kata Kunci: Manajemen Waktu, Kemandirian Belajar, Mahasiswa
Subjects: Psikologi Pendidikan
Faculty: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi S1
Depositing User: Miss Irda Ayu Safitri
Date Deposited: 15 May 2025 08:27
Last Modified: 15 May 2025 08:27
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7615

Actions (login required)

View Item View Item