Ramli, Hanah and Arrahim, Arrahim and Budianti, Yudi (2025) upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui media realia kelas II sdn galudra sumedang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (1). pp. 525-533. ISSN 2580-3263
![]() |
Text
Jurnal Hanah Ramli_41182109210003_pgsd.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui media realia. Sebanyak 22 siswa kelas dua di SDN GaludraSumedangmengambil bagian dalam penelitian ini selama tahun ajaran 2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tidakan kelas (Classroom action research). Terdapat dua siklus, tiap –tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pada setiap siklus dilaksanakan empat kegiatan pokok yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini juga memakai teknik pengumpulan data yakni: wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini pada silkus I, pemahaman konsep matematika menunjukkan rata –rata 68,0 dengan tingkat ketuntasan 68%. Setelah melakukan evaluasi siklus II terjadi peningkatan relavan dengan rata –rata nilai 91,0 dengan tingkat ketuntasan 91%. Ketuntasan klasikal pada penelitian minimal dari 75% siswa mencapai nilai > 66 dinyatakan berhasil. Hasilpada penelitian ini memperlihatkan bahwa penggunaan Media Realia dapat Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Kelas 2 SDN Galudra, Sumedang.
Item Type: | Article | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Pemahaman Konsep; Media Realia; Pembelajaran Matematika | |||||||||
Subjects: | Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan |
|||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | MS HANAH RAMLI | |||||||||
Date Deposited: | 08 May 2025 06:47 | |||||||||
Last Modified: | 08 May 2025 06:47 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7514 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |