Nurfadillah, Dwi (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR PADA MATERI PENGURANGAN DAN PENJUMLAHAN PECAHAN MELALUI MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) SISWA KELAS III SDN BAHAGIA 05 BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (80kB) |
Abstract
Penelitian ini dilandasi oleh rendahnya pencapaian hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran matematika. Hal ini di sebabkan oleh daya ingat siswa tentang materi penjumlahan pecahan masih rendah, siswa belum mengerti konsep materi pecahan matematika, siswa masih sulit menerapkan cara penyelesaian masalah materi pembelajaran, siswa belum mampu menganalisis soal yang telah diberikan serta cara penyelesaiannya, hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Bahagia 05 masih tergolong rendah dan masih banyak siswa belum mencapai KKM 65, dan siswa belum dapat menggambarkan pecahan dari soal yang sudah diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 SDN 05, khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan, dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan 31 siswa kelas III di SDN Bahagia 05 sebagai subjek penelitian. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Masing-masing siklus mencakup empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan tes tertulis. Kriteria keberhasilan ditetapkan apabila paling sedikit 80% dari jumlah siswa mencapai nilai minimal sesuai KKM, yaitu 75. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan model Realistic Mathematics Education (RME) mampu meningkatkan capaian hasil belajar matematika pada ranah kognitif siswa kelas III SDN Bahagia 05. Pada siklus pertama, nilai rata-rata sebesar 67 dengan persentase ketuntasan klasikal 45%. Sementara itu, pada siklus kedua terjadi peningkatan yang signifikan, yaitu nilai rata-rata sebesar 84 dengan persentase ketuntasan klasikal (87%) 27 siswa berhasil mencapai KKM. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model RME efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Hasil Belajar Matematika, Realistic Mathematics Education (RME), Sekolah Dasar | |||||||||
Subjects: | Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan |
|||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | MS DWI NURFADILLAH | |||||||||
Date Deposited: | 08 May 2025 06:38 | |||||||||
Last Modified: | 08 May 2025 06:38 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7508 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |