PENGARUH STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SEKOLAH DASAR

Ningrum, Rabiah Diah and Sundari, Kori (2025) PENGARUH STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (1). pp. 99-112. ISSN 2580-3263

[img] Text
JURNAL RABIAH DIAH NINGRUM_41182109210013_PGSD_removed.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sering dianggap kurang menarik bagi siswa karena banyak pengajar yang masih menerapkan metode pengajaran dengan cara berbicara. Situasi ini mengakibatkan keberhasilan pembelajaran menjadi rendah. Untuk itu, peneliti berencana menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang terbukti efektif meningkatkan performa belajar siswa, lebih interaktif, inovatif, serta menarik, untuk menyelesaikan permasalahan ini. Studi ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas IV SDIT Global Madani Bekasi, dan melihat besar pengaruhnya pada peningkatan hasil belajar. Metode pre-eksperimen diterapkan dengan fokus pada perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diukur melalui pretest dan posttest diterapkan. Populasi penelitian mencakup siswa kelas IV di SDIT Global Madani Bekasi, di mana sampelnya melibatkan 25 siswa dari kelas IV-A. Hasil belajar IPS siswa saat pretest mengahsilkan rata-rata 23,32 dengan standar deviasi sebesar 4,670. Di sisi lain, saat posttest dihasilkan nilai rata-rata 33,96 dengan standar deviasi 4,596, di mana artinya terjadi peningkatan. Karenanya, dapat ditarik kesimpulan bahwasannya hasil belajar pretest dan posttest ada perbedaan signifikan. Ini mengindikasikan ada dampak signifikan dari penerapan model pembelajaran STAD terhadap kenaikan hasil belajar IPS siswa kelas IV-A di SDIT Global Madani Bekasi.

Item Type: Article
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSundari, Kori0404107203
Keywords / Kata Kunci: Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Hasil belajar
Subjects: Eksperimen
Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: MS RABIAH DIAH NINGRUM
Date Deposited: 08 May 2025 06:50
Last Modified: 08 May 2025 06:50
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7505

Actions (login required)

View Item View Item