Nurrokhim, Difa (2025) Analisis Perbandingan Nilai Kekasaran Dana Kerataan Permukaan Cylinder Head Dengan Proses Milling Dan Pengamplasan Pada Engine 1000 CC. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (456kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan nilai kekasaran dan kerataan permukaan kepala silinder (cylinder head) pada mesin berkapasitas 1000 cc menggunakan dua metode perlakuan, yaitu proses milling dan pengamplasan. Permukaan kepala silinder yang rata dan halus sangat penting untuk mencegah kebocoran kompresi serta meningkatkan efisiensi pembakaran. Dalam penelitian ini, dilakukan pengujian tingkat kekasaran menggunakan Surface Roughness Tester dan pengujian kerataan menggunakan Water Pass serta Fuller Gauge sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses milling menghasilkan permukaan yang lebih halus dibandingkan dengan pengamplasan. Nilai kekasaran permukaan setelah proses milling adalah 1,138 µm, sedangkan setelah proses pengamplasan adalah 2,081 µm. Sementara itu, kedua metode perlakuan ini mampu menghasilkan permukaan yang rata dengan hasil akhir 0,00 mm, menunjukkan bahwa baik milling maupun pengamplasan efektif dalam meratakan permukaan kepala silinder.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa proses milling lebih direkomendasikan karena menghasilkan permukaan yang lebih halus dibandingkan dengan proses pengamplasan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam perbaikan kepala silinder kendaraan agar lebih optimal dalam performa mesin.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Cylinder head, Milling, Pengamplasan, Kekasaran permukaan, Kerataan permukaan. | |||||||||
Subjects: | Manufaktur | |||||||||
Faculty: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 | |||||||||
Depositing User: | Mr Nurrokhim Difa | |||||||||
Date Deposited: | 25 Feb 2025 06:50 | |||||||||
Last Modified: | 25 Feb 2025 06:50 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7410 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |