Analisis Perbandingan Nilai Kekasaran Dana Kerataan Permukaan Cylinder Head Dengan Proses Milling Dan Pengamplasan Pada Engine 1000 CC

Nurrokhim, Difa (2025) Analisis Perbandingan Nilai Kekasaran Dana Kerataan Permukaan Cylinder Head Dengan Proses Milling Dan Pengamplasan Pada Engine 1000 CC. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan nilai kekasaran dan kerataan permukaan kepala silinder (cylinder head) pada mesin berkapasitas 1000 cc menggunakan dua metode perlakuan, yaitu proses milling dan pengamplasan. Permukaan kepala silinder yang rata dan halus sangat penting untuk mencegah kebocoran kompresi serta meningkatkan efisiensi pembakaran. Dalam penelitian ini, dilakukan pengujian tingkat kekasaran menggunakan Surface Roughness Tester dan pengujian kerataan menggunakan Water Pass serta Fuller Gauge sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses milling menghasilkan permukaan yang lebih halus dibandingkan dengan pengamplasan. Nilai kekasaran permukaan setelah proses milling adalah 1,138 µm, sedangkan setelah proses pengamplasan adalah 2,081 µm. Sementara itu, kedua metode perlakuan ini mampu menghasilkan permukaan yang rata dengan hasil akhir 0,00 mm, menunjukkan bahwa baik milling maupun pengamplasan efektif dalam meratakan permukaan kepala silinder.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa proses milling lebih direkomendasikan karena menghasilkan permukaan yang lebih halus dibandingkan dengan proses pengamplasan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam perbaikan kepala silinder kendaraan agar lebih optimal dalam performa mesin.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSadiana, Riri0428088504
UNSPECIFIEDSurahto, Aep0408047306
Keywords / Kata Kunci: Cylinder head, Milling, Pengamplasan, Kekasaran permukaan, Kerataan permukaan.
Subjects: Manufaktur
Faculty: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Mr Nurrokhim Difa
Date Deposited: 25 Feb 2025 06:50
Last Modified: 25 Feb 2025 06:50
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7410

Actions (login required)

View Item View Item