Hamro, Dilla Wardatul (2025) PENERAPAN MODEL WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS V SDN SUKADAYA 01 KABUPATEN BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.
![]() |
Text
01. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. BAB I.pdf Download (491kB) |
![]() |
Text
03. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) | Request a copy |
![]() |
Text
05. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06. BAB V.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (385kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah tentang rendahnya pemahaman konsep di kelas V SDN Sukadaya 01 Kabupaten Bekasi. Adapun permasalahan yaitu: 1) nilai PKn di kelas V terbilang rendah di bandingkan kelas lain dan mata pelajaran lain. 2) Pemahaman konsep PKn rendah. Hal ini dilihat dari siswa yang belum mampu memahami materi yang telah diajarkan.3) Siswa kelas V kesulitan memberikan contoh yang berkaitan dengan konsep PKn. 4) Siswa kelas V kesulitan mengklasifikasikan materi yang diberikan. 5) Siswa kelas V kesulitan membuat kesimpulan. Dalam mengatasi permasalah tersebut maka diterapkannya model pembelajaran Word Square yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep PKn siswa kelas V SDN Sukadaya 01 Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dengan subjek berjumlah 27 siswa dan pada setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes tertulis. Adapun kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 70% dengan nilai KKM yaitu 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep siswa disetiap siklusnya yaitu pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 52% dengan nilai rata-rata 74 dan pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat mencapai 85% dengan nilai rata-rata 82. Berdasarkan data tersebut model pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep PKn kelas V sebesar 38%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan pemahaman konsep PKn kelas V SDN Sukadaya 01 Kabupaten Bekasi.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Pemahaman Konsep, Model Word Square, PKn | |||||||||
Subjects: | Pendidikan | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | MS dilla wardatul hamro | |||||||||
Date Deposited: | 14 Feb 2025 08:58 | |||||||||
Last Modified: | 14 Feb 2025 08:58 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |