PENERAPAN MODEL WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS V SDN SUKADAYA 01 KABUPATEN BEKASI

Hamro, Dilla Wardatul (2025) PENERAPAN MODEL WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS V SDN SUKADAYA 01 KABUPATEN BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
01. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. BAB I.pdf

Download (491kB)
[img] Text
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text
05. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text
06. BAB V.pdf

Download (439kB)
[img] Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah tentang rendahnya pemahaman konsep di kelas V SDN Sukadaya 01 Kabupaten Bekasi. Adapun permasalahan yaitu: 1) nilai PKn di kelas V terbilang rendah di bandingkan kelas lain dan mata pelajaran lain. 2) Pemahaman konsep PKn rendah. Hal ini dilihat dari siswa yang belum mampu memahami materi yang telah diajarkan.3) Siswa kelas V kesulitan memberikan contoh yang berkaitan dengan konsep PKn. 4) Siswa kelas V kesulitan mengklasifikasikan materi yang diberikan. 5) Siswa kelas V kesulitan membuat kesimpulan. Dalam mengatasi permasalah tersebut maka diterapkannya model pembelajaran Word Square yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep PKn siswa kelas V SDN Sukadaya 01 Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dengan subjek berjumlah 27 siswa dan pada setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes tertulis. Adapun kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 70% dengan nilai KKM yaitu 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep siswa disetiap siklusnya yaitu pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 52% dengan nilai rata-rata 74 dan pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat mencapai 85% dengan nilai rata-rata 82. Berdasarkan data tersebut model pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep PKn kelas V sebesar 38%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan pemahaman konsep PKn kelas V SDN Sukadaya 01 Kabupaten Bekasi.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDVictorynie, Irnie0419068204
UNSPECIFIEDSundari, Kori0404107203
Keywords / Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Model Word Square, PKn
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: MS dilla wardatul hamro
Date Deposited: 14 Feb 2025 08:58
Last Modified: 14 Feb 2025 08:58
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7277

Actions (login required)

View Item View Item