Zahratunnisa, Husna (2025) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE KELAS V MI AL-HUDA TAMBUN SELATAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.
![]() |
Text
01. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
02. BAB I.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
03. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) | Request a copy |
![]() |
Text
05. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (861kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06. BAB V.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep peserta didik yang masih rendah dalam mata pelajaran IPA di kelas V MI Al-Huda Tambun Selatan. Adapun permasalahannya yaitu: peserta didik kesulitan menjelaskan kembali materi yang telah dipelajari, peserta didik kurang mampu memberikan contoh materi, peserta didik belum mampu mengklasifikasikan materi, peserta didik belum mampu membandingkan materi yang dipelajari, peserta didik kurang mampu untuk menarik inferensi dari suatu materi, peserta didik belum mampu untuk menafsirkan materi, peserta didik kurang mampu untuk menganalisis materi, dan peserta didik kurang mampu untuk memberi ringkasan dari materi yang telah dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep. Metode penelitian yang digunakan yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari 2 siklus, dengan subjek berjumlah 32 peserta didik dan setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Tiap siklus meliputi empat tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan berupa tes tertulis dan observasi. Adapun kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80% dari jumlah peserta didik mencapai nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Presentase klasikal pada siklus I sebesar 56% dengan nilai rata-rata 73, dan siklus II sebesar 88% dengan nilai rata-rata 86. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan pemahaman konsep pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas V sebesar 32%.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Pemahaman Konsep IPA, Model Pembelajaran Take and Give, Sekolah Dasar | |||||||||
Subjects: | Pendidikan | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | MS HUSNA ZAHRATUNNISA | |||||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2025 06:42 | |||||||||
Last Modified: | 13 Feb 2025 06:42 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |