Darussalam, Rohim Mualan (2024) Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Di SD Al-Munir Bekasi. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
Text
Cover Strategi Peningkatan Mutu.pdf Download (300kB) |
|
Text
BAB I Strategi Peningkatan Mutu.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text
BAB II Strategi Peningkatan Mutu.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV Strategi Peningkatan Mut.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V Strategi Peningkatan Mutu.pdf Download (36kB) |
|
Text
Daftar Pustaka Strategi Peningkatan Mutu.pdf Download (144kB) |
Abstract
Rohim Mualan Darussalam, 41182911170045. Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Di Sekolah SD Al-Munir Bekasi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Unversitas Islam 45 Bekasi. 2024 M/1446 H. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi peningkatan mutu pembelajaran Bahasa arab yang digunakan oleh tenaga pengajar, apakah strategi tersebut efektif selema proses pembelajaran Bahasa arab berlangsung sehingga mutu pembelajaran Bahasa arab meningkat baik secara nilai ataupun lisan dan penguasaan siswa/I dalam mengahafal materi Bahasa arab. Dan ingin mengetahuiapa saja faktor pendukung dan penghambat selama proses pembelajaran Bahasa arab sehingga dari faktor-faktor tersbut membuat minat belajar Bahasa arab menjadi meningkat atau menurun. Dengan pendekatan kualitatif, hasil analisis menunjukan bahwa strategi yang digunakan oleh tenaga pengajar dalam menyampaikan materi Bahasa arab kurang efektif dalam proses pembelajaran, hal ini terlihat dari adanya beberapa siswa/I yang kurang memerhatikan selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif dengan analisis kualitatif. Sedangkan yang menjadi narasumber adalah guru Pendidikan agama islam dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam konteks agama islam Pendidikan agama islam, pembelajaran kontekstual Bahasa arab di SD Al-Munir Bekasi mengedepankan menghafal, pelafalan serta pemahaman siswa/I dengan metode seperti Metode Pengulangan ( Repetive Method ), Metode Pemberian Hadiah dan Hukuman, Pembiasaan. Evaluasi dilakukan setiap akhir kompetensi dasar, memastikan kualitas pembelajaran. Praktik pembelajaran dilakukan sebelum menyampaikan materi pembelajaran, mengulang secara ringkas dari materi yang telah disampaikan hari lalu. Faktor pendukung pembelajaran Bahasa arab di SD Al-Munir Bekasi yaitu fasilitas sekolah yang mendukung, keterlibatan dan dukungan orang tua. Faktor penghambatnya adalah kurangnya minat dari beberapa siswa/I dalam pembelajaran Bahasa arab.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
||||||
Keywords / Kata Kunci: | Bahasa Arab, Metode Pembelajaran, Peningkatan Mutu | ||||||
Subjects: | Pendidikan | ||||||
Faculty: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 | ||||||
Depositing User: | Mr. Rohim Mualan Darussalam | ||||||
Date Deposited: | 27 Sep 2024 09:08 | ||||||
Last Modified: | 27 Sep 2024 09:08 | ||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/6417 |
Actions (login required)
View Item |