Strategi Komunikasi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Bhagasasi Dalam Menangani Keluhan Pelanggan

Sari, Putri Wulan (2024) Strategi Komunikasi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Bhagasasi Dalam Menangani Keluhan Pelanggan. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (110kB)

Abstract

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Bhagasasi merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak mengelola distribusi air bersih untuk masyarakat. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam mendistribusikan air bersih tentunya tidak luput dari permasalahan yang seringkali dikeluhkan oleh pelanggan. Mengingat keluhan ini menjadi fokus utama yang harus ditangani dengan menerapkan strategi komunikasi yang efektif untuk menangani keluhan pelanggan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang diterapkan oleh Perumda Tirta Bhagasasi dalam menangani keluhan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Humas Perumda Tirta Bhagasasi menggunakan teori model perencanaan komunikasi yang dikembangkan oleh Cutlip & Center, antara lain: (1) penemuan fakta, yang berasal dari temuan warga (2) perencanaan, yang sudah disusun secara sistematis di level manajemen, dan (3) komunikasi, dimana Humas Perumda Tirta Bhagasasi berkomunikasi dengan customer service dari semua cabang dan memberikan langkah-langkah strategis untuk menangani keluhan pelanggan. Tahapan penanganan keluhan pelanggan yang dilakukan oleh customer service, antara lain: a) mendengarkan dan memahami, b) klarifikasi dan penyamaan persepsi, c) penjelasan dan permohonan maaf, d) solusi dan taking action, e) follow-up.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDHartini, Tin0415077901
Keywords / Kata Kunci: Keluhan Pelanggan, Perumda Tirta Bhagasasi, Strategi Komunikasi
Subjects: Ilmu Komunikasi
Faculty: Fakultas Komunikasi Sastra dan Bahasa > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Ms. Putri Wulan Sari
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:16
Last Modified: 26 Aug 2024 07:16
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/6303

Actions (login required)

View Item View Item