Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Bantargebang Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi

HARIYANTI, PUJI (2022) Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Bantargebang Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Kuisioner.pdf

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan (observasi) yang dilakukan penulis. Bahwa kualitas pelayanan di Puskesmas Bantargebang yang belum dilaksanakan dengan baik. Memperhatikan hal tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjt dengan judul: Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Bantargebang Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi”. Tujuan dan kegunaan penelitian ini untuk mengkaji pelayanan Kesehatan di Puskesmas Bantargebang Kecamatan Bantargebang, mengidentifikasi hambatan-hambatan dalam pelayanan Kesehatan di Puskesmas Bantargebang Kecamatan Bantargebang, mengidentifikasi upaya-upaya dalam mengatasi hambatan pelayanan Kesehatan di Puskesmas Bantargebang Kecamatan Bantargebang. Hasil dari penelitian ini diharapkan sebagai masukan bagi Puskesmas Bantargebang dalam meningkatkan pelayanan Kesehatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Agustino (2005:210) lima indikator dalam menilai kinerja pelayanan yaitu, transparansi, akuntabilitas, responsif, efisiensi dan berorientasi pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu metode yang berusaha untuk memperoleh informasi tentang gambaran keadaan pada saat penelitian berlangsung. Menurut Sugiyono (2010:2), metode desktiptif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang akan diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subjek atau objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Berdasarkan hasil pembahasan diketahui Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Bantargebang Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi, yaitu menghasilkan prosentase 69,79% yang menurut Idrus mempunyai nilai baik. Hal tersebut terlihat dari berbagai indikator dalam menilai kinerja pelayanan, seperti transparansi yang memiliki prosentase 66,80% yang menurut Idrus mempunyai nilai cukup baik, akuntabilitas yang memiliki prosentase 73,77% yang menurut Idrus mempunyai nilai baik, responsif yang memiliki prosentase 72,13% yang menurut Idrus mempunyai nilai baik, efisiensi yang memiliki prosentase 63,93% yang menurut Idrus mempunyai nilai cukup baik, dan berorientasi pelanggan yang memiliki prosentase 72,33% yang menurut Idrus mempunyai nilai baik. Hambatan-hambatan yang dihadapi Puskesmas Bantargebang dalam pelayanan Kesehatan adalah : ruang/tempat pelayanan kesehatan masyarakat yang belum memadai, kurangnya sarana pendukung pelayanan kesehatan masyarakat, terbatasnya jumlah personil yang bertanggung jawab dan kurangnya kesadaran para pegawai yang menangani pelayanan Kesehatan masyarakat untuk selalu berkoordinasi dengan pegawai lain. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan adalah: dilakukan penataan ruang dengan akses langsung ke meja pelayanan, serta penyediaan bangku/kursi tunggu bagi yang membutuhkan pelayanan, mengupayakan dengan penggunaan secara maksimal dengan penataan dan perawatan secara intensif, dan mengupayakan untuk diatasi dengan pengoptimalisasian pelayanan hingga sore.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSupriyatno, YantoUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Politik
Pelayanan
Faculty: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Users 16 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:33
Last Modified: 15 Aug 2022 07:33
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/621

Actions (login required)

View Item View Item