RELEVANSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN KH. HASYIM ASY’ARI DENGAN KONSEP MERDEKA BELAJAR

Virgi, Aisyah Luriantina (2024) RELEVANSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN KH. HASYIM ASY’ARI DENGAN KONSEP MERDEKA BELAJAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi dapat mempengaruhi globalisasi terlebih dalam dunia pendidikan. Dampak positifnya adalah setiap sekolah telah menerapkan mata ajar bahasa asing yang menjadi program wajib di sekolah, dampak negatifnya adalah krisis pendidikan karakter pada peserta didik. Oleh karena itu, pendidikan merupakan wadah agar terciptanya peserta didik yang berbudaya dan beretika. Dengan merealisasikan pendidikan ke dalam kehidupan sehari-hari ini bertujuan agar moral dan etika tertanam dalam diri peserta didik itu sendiri. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Sumber primer karya K.H. Hasyim Asy’ari kitab “Adabul Alim Wa Muta’allim” dan didukung dengan sumber sekunder guna melengkapi sumber primer : Buku, jurnal, dan karya ilmiah yang membahas tentang konsep pendidikan K.H Hasyim Asy’ari dan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menemukan kerelevasian pemikiran pendidikan K.H. Hasyim Asy’ari dengan konsep merdeka belajar, diantaranya: (1). Tujuan pendidikan menurut K.H Hasyim Asy’ari adalah membentuk masyarakat yang beretika tinggi (akhlaqul kharimah). (2). Merdeka belajar bertujuan untuk menanamkan dalam diri siswa sifat-sifat keberanian, kemandirian, berpikir kritis, sopan santun, beradab, dan akhlak yang mulia. Maka dengan ini pemaparan beliau sejalan dengan konsep merdeka belajar yang tertuang dalam Project Profil pelajar pancasila.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDIrham, Irham0406058602
Keywords / Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, K.H Hasyim Asy’ari, Pemikiran Pendidikan, Konsep Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Ms. Aisyah Luriantina Virgi
Date Deposited: 24 Oct 2009 00:52
Last Modified: 24 Oct 2009 00:52
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/6172

Actions (login required)

View Item View Item