IMPLEMENTASI KEGIATAN MUHADHARAH DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER TANGGUNGJAWAB DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA (Studi analisis MTS Darul Hikmah)

Shafa Naufalia, Dwita Nisa (2024) IMPLEMENTASI KEGIATAN MUHADHARAH DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER TANGGUNGJAWAB DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA (Studi analisis MTS Darul Hikmah). Magister (S2) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
01 PENDAHULUAN.pdf

Download (777kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)

Abstract

Pendidikan karakter sangat diperlukan untuk membantu individu dalam mengendalikan dampak kemajuan teknologi yang cepat terhadap tahap perkembangan mereka. Salah satu metode yang efektif dalam membentuk karakter dalah melalui kegiatan muhadharah. Kegiatan muhadharah merupakan salah satu kegiatan pembiasan yang dilaksanakan di MTs Darul Hikmah dalam membentuk karakter tanggung jawab dan percaya diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi, perpespsi siswa dan implikasi terkait kegiatan muhadharah dalam pembentukan karakter tanggung jawab dan kepercayaan diri siswa di MTs Darul Hikmah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dengan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kegiatan muhadharah dalam pembentukan karakter tanggung jawab dan kepercayaan diri siswa di MTs Darul Hikmah meliputi: Implementasi Kegiatan Muhadharah dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab dan Kepercayaan Diri Siswa di MTs Darul Hikmah sudah sesuai dengan tahapan manajemen, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaan program muhadharah dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab mengacu pada tugas-tugas peserta baik serta menginternalisasi langsung nilai-nilai karakter pada tema pidato. Persepsi siswa terkait pelaksanaan kegiatan muhadharah dalam menumbuhkan karakter tanggungjawab dan percaya diri siswa ditunjukkan dengan adanya pemberian persuasi verbal, dukungan, pemberian nasihat, menetapkan aturan dan punishment. Implikasi kegiatan Muhadharah dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab dan Kepercayaan Diri Siswa di MTs Darul Hikmah telah sesuai dengan Output yang diinginkan sekolah, dengan kegiatan muhadharah menumbukan dan membentuk karakter tanggung jawab dan percaya diri siswa serta tata tertib yang berlaku sesuai dengan harapan. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya investasi berkelanjutan dalam pengembangan karakter siswa sebagai strategi kunci untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Magister (S2))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDMuthi, Ibnu0426058304
UNSPECIFIEDHasibuan, Akmal Rizki Gunawan0410049201
Keywords / Kata Kunci: Karakter, Tanggungjawab, Percaya Diri, Muhadharah
Subjects: Deskriptif
Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Umum dan Karakter
Faculty: Sekolah Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam S2
Depositing User: Ms. Dwita Nisa Shafa Naufalia
Date Deposited: 24 Oct 2009 23:24
Last Modified: 24 Oct 2009 23:24
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/6087

Actions (login required)

View Item View Item