Analisis Pengaruh Perlakuan Bubut Dan Gerinda Terhadap Permukaan Disc Brake Pada Kendaraan Ringan

Supriadi, Ripkiana (2024) Analisis Pengaruh Perlakuan Bubut Dan Gerinda Terhadap Permukaan Disc Brake Pada Kendaraan Ringan. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (287kB)

Abstract

Sistem kerja rem memanfaatkan gaya gesek untuk mengurangi kecepatan kendaraan atau menghentikan laju kendaraan. Gesekan yang terjadi antara cakram dan kampas rem yang terus menerus akan mengakibatkan kedua komponen tersebut menjadi aus, sehingga kekasaran permukaan bertambah dan akan mengurangi kinerja sistem pengereman pada kendaraan. Maka dari itu penting untuk menjaga kualitas kekasaran permukaan pada cakram. Salah satu yang bisa di lakukan yaitu dengan memberikan perlakuan mekanis baik dengan bubut maupun gerinda untuk memperbaiki kekasaran permukaan cakram yang aus akibat dari pemakaian jangka panjang tersebut. Pada penelitian ini menganalisis pengaruh perlakuan bubut dan gerinda terhadap permukaan disc brake pada kendaraan ringan. Cakram yang digunakan yaitu cakram orisinil kendaraan ringan transmisi manual 1500 cc. Metodologi penelitian ini yaitu membandingkan nilai aktual pengujian kekasaran permukaan disc brake yang telah mendapatkan perlakuan bubut dan gerinda dengan surface roughness tester. Tujuan penelitian ini untuk memberikan masukan kepada masyarakat bahwa untuk mengembalikan kinerja pengereman bisa dilakukan dengan memberikan perlakuan bubut dan gerinda pada cakram bekas tanpa harus mengganti dengan yang baru dengan syarat ketebalan cakram masih dalam batasan standar. Berdasarkan hasil pengujian 3 kali pengukuran terhadap masing masing spesimen diambil rata rata nilai kekasaran. cakram bekas pakai orisinil tanpa Perlakuan tingkat nilai kekasaran 5.343 μm, cakram dengan perlakuan bubut nilai kekasaran 1.870 μm, cakram dengan perlakuan gerinda nilai kekasaran 2.811 μm, Berdasarkan data aktual pengujian ini, perlakuan bubut mendapatkan nilai kekasaran paling rendah yang mendekati nilai kekasaran standar baru 0.534±0.04 μm , dengan demikian proses ini dapat memberikan solusi untuk mengembalikan kinerja cakram.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSurahto, Aep0408047306
UNSPECIFIEDParidawati, Paridawati0430127201
Keywords / Kata Kunci: Cakram, Kekasaran, Keausan dan Perlakuan Mekanis.
Subjects: Manufaktur
Faculty: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Mr Ripkiana Supriadi
Date Deposited: 06 Aug 2024 09:56
Last Modified: 06 Aug 2024 10:07
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5950

Actions (login required)

View Item View Item