PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS X DI SMAN 1 BABELAN

Tazkiya, Millah (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS X DI SMAN 1 BABELAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
COVER MILLAHH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I MILLAH.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB II MILLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III MILLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV MILLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V MILLAH.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MILLAH.pdf

Download (147kB)

Abstract

Millah Tazkiya NPM 41182911200021 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X di SMAN 1 BABELAN Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam, UNIVERSITAS ISLAM 45 BEKASI (2024/1446 H). Permasalahan yang sering terjadi ketika pembelajaran adalah tidak adanya semangat dan partisipasi aktif dari peserta didik karena beberapa faktor salah satunya ketidaksesuaian dan ketidakmampuan seorang guru dalam menggunakan dan menerapkan model pembelajaran dalam menyampaikan materi. Dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek menciptakan pembelajaran yang efektif, kondusif dan menyenangkan akan menciptakan rasa gembira dan aktif dari peserta didik sala satunya adanya dorongan atau motivasi dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Subjek penelitian berjumlah 100 siswa kelas X di SMAN 1 BABELAN. Pengambilan data menggunakan 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen, kelas kontrol berjumlah 35 siswa kelas eksperimen berjumlah 35 siswa. Analisis penelitian menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen sebesar 80 dan kelas kontrol 76. Kemudian pada tes akhir (posttest) untuk kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 98 dan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 89. Dengan demikian kedua mengalami penaikan nilai rata-rata, namun pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Sehingga, terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dibandingan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan uji t paired sampel test pada kelas eksperimen diketahui hasil yang diperoleh yaitu thitung > ttabel (35,046 > 2,001), maka H1 diterima dan H0 ditolak, dengan nilai sig. (2-tailed p) adalah sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Maka terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis proyek terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Kemudian, pada kelas kontrol hasil pengujian hipotesis menunjukkan uji t paired sampel test diketahui hasil yang diperoleh yaitu thitung > ttabel (6,159 > 2,001), maka H1 diterima dan H0 ditolak, dengan nilai sig. (2-tailed p) adalah sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Maka terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran konvensional berupa ceramah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDLubis, Rabiyyanur0413016001
Keywords / Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Ms. Millah Tazkiya
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:59
Last Modified: 01 Aug 2024 08:59
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5826

Actions (login required)

View Item View Item