Wahyuni, Silvia (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS IV DI SD SUKARUKUN 01. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.
Text
PENDAHULUAN 1.pdf Download (793kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (103kB) |
|
Text
BAB II..pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V. .pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah terhadap mata pelajaran matematika. Hal tersebut ditandai dengan kemampuan pemecahan masalah yang masih belum mencapai dengan rata rata yang sudah ditentukan oleh guru, ini terlihat dari hasil latihan soal esai yang diberikan kepada siswa kelas IV SD Sukarukun 01, masih banyak siswa yang masih belum paham materi dengan soal esai tersebut. Dikarenakan berbagai macam faktor mulai dari siswa yang tidak dapat menetukan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal yang diajukan, siswa masih bingung dalam menentukan rumus yang akan digunakan siswa tidak menyelesaikan soal dengan benar, siswa tidak dapat menyimpulkan kembali terhadap langkah langkah penyelesaian yang sudah dibuat.Tujuan dari peneliti untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada siswa kelas IV SDN SUKARUKUN 01. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Setiap siklus dilakukan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Jumlah peserta didik laki-laki ada dan jumlah peserta didik perempuan . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja dan observasi, wawancara, dan dokumentasi . Hasil penelitian menunjukan bahwa ketuntasan klasikal kelas IV dari siklus 1 hingga siklus 2. Presentase ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 11% dengan nilai rata-rata 40. Pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 93% dengan nilai rata –rata 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SDN SUKARUKUN 01. Dengan menggunakan model PBL membuat siswa lebih menyenangkan dan lebih aktif karena siswa terlibat langsung dengan proses pembelajaran menjadi optimal lebih bermakna saat pembelajaran dilaksanakan. Kata Kunci: Model PBL (Problem Based Learning), Kemampuan Pemecahan Masalah, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Kemampuan Pemecahan Masalah Model Problem Based Learning Sekolah Dasar | |||||||||
Subjects: | Pendidikan | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | ms SILVIA WAHYUNI | |||||||||
Date Deposited: | 13 May 2024 03:12 | |||||||||
Last Modified: | 13 May 2024 03:12 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5298 |
Actions (login required)
View Item |