Upaya Guru Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Melalui Pembelajaran Active Learning di SMAN 3 Kota Bekas

Khoir H.S, Abdul (2024) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Melalui Pembelajaran Active Learning di SMAN 3 Kota Bekas. JURNAL ILMIAH PROFESI PENDIDIKAN, UNIVERSITAS MATARAM, 9 (1). pp. 381-391. ISSN 2620-8326

[img] Text
2024-Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.pdf

Download (341kB)
[img] Text
3. hasil turnitin Upaya Guru Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Melalui Pembelajaran Active Learning di SMAN 3 Kota Bekasi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstract: Globalisasi sudah masuk ke dalam negeri ini yang merubah anak-anak zaman sekarang menjauh pada ajaran Agama Islam. Ditambah saat proses pembelajaran Agama Islam hanya didominasi pada guru sehingga menjadikan siswa merasa jenuh, bosan, dan tidak terarah. Maka dari itu, adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa melalui model pembelajaran active learning di SMAN 3 Kota Bekasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa metode deskriptif kualitatif, dengan cara peneliti mencoba menggali sejauh mana upaya seorang guru dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dengan guru pendidikan agama Islam dan beberapa siswa serta studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa melalui model pembelajaran active learning dengan guru tidak hanya sebatas menjadi sosok pengajar melainkan juga menjadi fasilitator, motivator, evaluator, konselor, administrator, dan supervisor. Dalam meningkatkan rasa percaya diri, tidaklah cukup apabila guru hanya sebatas memberikan sebuah motivasi dan apresiasi tetapi guru juga memberikan upaya untuk mampu meningkatkan rasa percaya diri siswa pada pembelajaran diantaranya dengan cara guru menerapkan model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning), berbasis drama, tipe Teams Games Tournament (TGT), Mind Mapping, Jigsaw, dan Rolling Bottle Games. Dimana guru dalam menerapkan model pembelajaran tersebut siswa mulai merasa nyaman dengan proses pembelajarannya sehingga ia menjadi aktif dalam proses pembelajaran berlangsung. Keywords: Active learning, Guru PAI, Percaya Diri

Item Type: Article
Keywords / Kata Kunci: Keywords: Active learning, Guru PAI, Percaya Diri
Subjects: Psikologi Pendidikan
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Mr Feby Heryanto., S.Sos
Date Deposited: 16 Feb 2024 06:15
Last Modified: 16 Feb 2024 06:15
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4978

Actions (login required)

View Item View Item