Analisis Model Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Juhana, Nena (2024) Analisis Model Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (800kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah keterampilan berbicara dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di siswa sekolah dasar. Rendahnya keterampilan tersebut tercermin dari kesulitan siswa dalam menyampaikan kata-kata dengan jelas, terjadinya kegugupan, malu, dan ketidaknyamanan siswa ketika diminta berbicara di depan kelas. Selain itu, saat diminta untuk bercerita tentang pengalaman pribadi, siswa cenderung merasa malu dan bingung dalam menyusun cerita. Faktor-faktor kebahasaan, seperti ketepatan bunyi bahasa dan intonasi, ekspresi juga masih belum sepenuhnya dikuasai oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran model pembelajaran role playing terhadap peningkatan keterampilan berbicara dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), yang mengkaji dan menganalisis hasil-hasil penelitian terkait yang telah dipublikasikan dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir (2013-2023), dengan subjek/kata kunci, subjek untuk siswa sekolah dasar, dan jurnal artikel berbahasa indonesia. Jumlah yang sesuai dengan kriteria inklusi melibatkan 22 artikel jurnal. Berdasarkan database yang dikaji tersapat berbagai aspek pembahasan, seperti metodologi penelitian yang digunakan, penggunaan media, penerapan di kelas rendah dan kelas tinggi, dan indikator keterampilan berbicara. Hasil pembahasan model role playing pada siswa sekolah dasar terdapat peningkatan keterampilan berbicara, maka model role playing sangat cocok digunakan pada siswa sekolah dasar. Untuk para peneliti selanjutnya jika ingin menggunakan model role playing di rekomendasikan untuk mempertimbangkan keterlibatan orangtua dalam mendukung penerapan model role playing di luar lingkungan sekolah, serta diharapkan peneliti bisa mengembangkan penelitiannya secara inovatif dan memperhatikan hambatan yang mungkin timbul.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSugiharti, Rini Endah0411097804
UNSPECIFIEDArrahim, Arrahim0419038901
Keywords / Kata Kunci: Role playing, Keterampilan Berbicara, Sekolah Dasar, Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms NENA JUHANA
Date Deposited: 13 Feb 2024 04:02
Last Modified: 13 Feb 2024 04:02
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4885

Actions (login required)

View Item View Item