Khoir H.S, Abdul (2021) Nalar Moderasi Beragama Muslim Merespon Covid-19. Kalimah: Jurnal Studi Agama-Agama dan Pemikiran Islam, 2 (19). pp. 229-20. ISSN 2477-0396
Text
No.10 2021-Kalimah-Nalar Moderasi beragama Muslim Merespon Covid 19.pdf Download (644kB) |
|
Text
No.10 Hasil Cek Turnitin Nalar Moderasi Beragama Muslim Merespon Covid-19.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan nalar moderasi beragama muslim, yang terbagi dua dalam merespon Covid-19. Di satu sisi berpaham, (di sisi lain) fatalistik dan ada pula yang rasional liberal. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan teori moderasi beragama terdiri dari 4 aspek, yaitu; Fiqh} Al-Maqās}id , Fiqh} Al-Mālāt , Fiqh} Al-Muwāzanat , dan Fiqh} Al- Awlawiyāt Dalam penelitian ini penulis berkesimpulan sebagai berikut; Pertama, dalam konteks Fiqh} Al-Maqās}id dan Fiqh} Al-Mālāt merespon covid 19, nalar moderasi beragama seorang muslim idealnya mengintegrasikan temuan ikhtiar ilmiah dan ikhtiar ruhaniyah. Artinya, seorang muslim tidak boleh alergi dengan temuan medis ilmiah, sebab ia sadar sebagai makhluk jasmani. Disamping itu, sebagai muslim ia juga tidak boleh mengesampingkan temuan ruhaniyah (teks agama), sebab ia juga merupakan makhluk rohani. Kedua, dalam konteks Fiqh} Al-Awlawiyāt , seyogianya sebagai muslim dituntut kemampuan untuk membumikan nalar mengedepankan logika publik di atas logika privat, baik dalam aspek ‘ubudiyah maupun mu’āmalah. Ketiga, dalam konteks Fiqh} Al-Muwāzanat , seyogianya setiap muslim mendahulukan nalar hifz} al-nafs (menjaga jiwa) di antara pemeliharaan lainnya. Kata Kunci: Moderasi, Wasat}iyyah, Muslim, Covid-19.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords / Kata Kunci: | Moderation, Wasaṭiyyah), Muslim, Covid-19. |
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Agama Islam |
Faculty: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Mr Feby Heryanto., S.Sos |
Date Deposited: | 13 Jan 2024 06:35 |
Last Modified: | 13 Jan 2024 07:55 |
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4655 |
Actions (login required)
View Item |