Supriatna, Dede (2023) PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA KANTOR CABANG SATUAN ADMINISTRASI SATU ATAP( SAMSAT) DINAS PENDAPATAN PROPINSI JAWA BARAT KABUPATEN BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (479kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (124kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
Abstract
Penulisan skripsi ini bertitik tolak dari pelaksanaan pelayanan pembayaran kendaraan bermotor yang belum dilakukan secara optimal, tidak optimalnya pelayanan tersebut menyebabkan aktivitas pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor yang dilakukan pada Kantor Cabang SAMSAT Kabupaten Bekasi belum sepenuhnya menunjukkan kesempurnaan dari pelayanan prima yang diharapkan, dalam arti belum sepenuhnya baik, lancar dan tertib. Oleh karena itu penulis membuat judul “Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Cabang Satuan Administrasi Satu Atap (Samsat) Kabupaten Bekasi “. Berbagai indikasi dari permasalahan tersebut di atas, penulis mengidentifikasi masalah sebagai berikut : Bagaimana pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Cabang SAMSAT Kabupaten Bekasi?, Faktor�faktor apa saja yang menjadi hambatan dalam pelayanan pembayaran pajak ?, dan Upaya�upaya apa saja yang dilakukan dalan mengatasi hambatan yang ditemui ?. Permasalahan tersebut diteliti dan dikaji dengan menggunakan Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan teknik studi pustaka dan studi lapangan, terdiri dari observasi dan kuesioner yang disebarkan kepada 192 responden yang telah ditentukan berdasarkan penentuan sampel secara random sampling. Landasan teori yang digunakan dalam rangka pembahasan adalah faktor-faktor pendukung pelayanan menurut Moenir (2002 : 88) yaitu : 1)Faktor kesadaran, 2) Faktor aturan, 3) Faktor organisasi, 4) Faktor pendapatan, 5) Faktor kemampuan dan keterampilan, dan 6) Faktor sarana pelayanan. Hasil pembahasan yaitu bahwa pelayanan pembayaran pajak Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Cabang SAMSAT Kabupaten Bekasi belum sepenuhnya memperhatikan faktor-faktor pendukung pelayanan yang baik. Hal tersebut terungkap berdasarkan rekapitulasi tanggapan responden terhadap pelayanan dimaksud melalui kuesioner hanya mencapai nilai 71,94 %. Nilai prosentase tersebut jika dibendingkan dengan nilai kategori yang ditetapkan masuk baru dalam kategori baik. Selain itu terdapat beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam pelayanan pembayaran Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Cabang SAMSAT Kabupaten Bekasi, diantaranya yaitu : kurang memadainya ruang/tempat pelayanan pembayaran PKB; kurangnya sarana pendukung pelayanan pembayaran PKB, terbatasnya jumlah personil, dan sebagainya. Kemudian upaya-upaya dalam mengatasi hambatan tersebut, diantaranya yaitu : dilakukan penataan ruang pelayanan, diupayakan penggunaan peralatan yang tersedia secara maksimal, optimalisasi waktu pelayanan, dan sebagainya. Kata Kunci : Pelayanan, Pajak Kendaraan Bermotor
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
||||||
Keywords / Kata Kunci: | Pelayanan, Pajak Kendaraan Bermotor | ||||||
Subjects: | Akuntansi Keuangan Kebijakan Publik Pelayanan Ilmu Pemerintakahan |
||||||
Faculty: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan S1 | ||||||
Depositing User: | Mr. Dede Supriatna | ||||||
Date Deposited: | 27 Dec 2023 06:25 | ||||||
Last Modified: | 27 Dec 2023 06:25 | ||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4582 |
Actions (login required)
View Item |