Ananlisis Pengaruh Variasi Coolant Terhadap Laju Pendinginan Pada Radiator Motor Matic 155cc

Rizky Maulana, Rahman (2023) Ananlisis Pengaruh Variasi Coolant Terhadap Laju Pendinginan Pada Radiator Motor Matic 155cc. Sarjana (S1) thesis, universitas islam 45 bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB)

Abstract

Sistem pendinginan adalah serangkaian mekanisme yang dirancang untuk mengatasi masalah over heating pada mesin dengan cara menyerap dan mengendalikan panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran dalam silinder. Jika panas tersebut tidak diatasi, dapat menyebabkan over heating yang dapat merubah sifat-sifat dan bentuk komponen mesin, mengganggu kinerja optimalnya. Dalam penelitian ini, pengaruh laju pendinginan mesin 155cc diselidiki melalui pencatatan suhu fluida pendingin masuk ke radiator (Tfluida1), suhu fluida pendingin setelah keluar dari radiator (Tfluida2), aliran udara sebelum melewati sirip-sirip radiator (Tudara1), dan aliran udara setelah melewati sirip-sirip radiator (Tudara2). Penelitian melibatkan tiga tingkat putaran mesin (1500, 2000, 2500 rpm) dengan tiga jenis coolant berbeda, serta waktu pengukuran selama 7 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Coolant Preston memiliki nilai rata-rata laju perpindahan kalor tertinggi sebesar 0.057 Kw, diikuti oleh Top 1 Power Coolant sebesar 0.05 Kw, dan Top 1 Ultimate Coolant sebesar 0.054Kw. Efektivitas coolant juga diukur, dengan Coolant Preston memiliki nilai tertinggi sebesar 0.042%, diikuti oleh Top 1 Power Coolant sebesar 0.03%, dan Top 1 Ultimate Coolant sebesar 0.032%. Variasi coolant mempengaruhi laju pendinginan mesin berdasarkan tingkat perpindahan panas masing-masing coolant. Semakin tinggi nilai laju perpindahan panas coolant, semakin tinggi pula laju pendinginan mesin. Berdasarkan penelitian, urutan coolant terbaik adalah Preston, Top 1 Power Coolant, dan Top 1 Ultimate Coolant.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSurahto, Aep45114082009025
UNSPECIFIEDHandoyo, Yopi45101102010017
Keywords / Kata Kunci: Kata Kunci : Efektivitas Pendinginan, Variasi Coolant, Sistem Pendinginan, Putaran Mesin, Aliran Udara.
Subjects: Konversi Energi
Faculty: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Mr. Rahman Maulana
Date Deposited: 03 Nov 2023 08:27
Last Modified: 03 Nov 2023 08:27
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4231

Actions (login required)

View Item View Item