Wicesa, Istiqomah Ratna (2023) MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam “45” Bekasi.
Text
PENDAHULUAN Wicesa.pdf Download (616kB) |
|
Text
BAB 1 Wicesa.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 2 Wicesa.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3 Wicesa.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka Wicesa.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
Abstract
Karya Tulis Ilmiah (KTI) ini beriudul "ModelPembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan DeskripsiBahasa IndonesiaSiswa Sekolah Dasar". PembelajaranBahasa Indonesia sat inimemang memerlukan inovasi agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran guna tercapainya tujuan-tujuan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Pelajaran membaca dan menulis y a n gdulu merupakan latihan pokok kini kurang mendapatkan perhatian,baik dari para siswa maupun para guru. Berdasarkan hasil observasi dan wawancarayang dilakukan pada penelitian terdahulu, diketahuibahwa keterampilan menulis karangandeskripsi siswa Sekolah Dasar mash rendah. Hal ini ditandaidengan kurangnya siswa dalam memahami kosakata, memilih kata, memadukan antar kalimat yang telah dibuat dan penggunaan tanda baca yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Selain itu, pembelajaran yang digunakan oleh guru melalui metode ceramah seringkali membuat siswa menjadi jenuh, sehingga minat belajar siswa menjadi rendahdan siswacenderung pasifdidalam kelas. Model pembelajaran ExampleNon Example menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang inovatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Example Non Exampleadalah model pembelajaran yang mengunakanmedia berupa gambar sebagai alat dalam menyampaikan materi pembelajaran. Hal in menjadikan suasanadi dalamkelas menjadi lebih menyenangkan, siswa menjadi lebih aktifdan mudah dalam memahami materi. Prediksi hasildengan menggunakan model pembelajaran Example Non Examplediyakini siswadapat meningkatkan kemampuan :(1)memahami pelajaran yang disampaikan olehguru; (2) berpikir secara runtutdankritis; (3) interaksi sosial melalui diskusi kelompok; (4) meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menyampaikanpendapat di depan kelas. Kesimpulan berdasarkan dari uraian diatas model pembelajaran Example NonExample dapat meningkatkan nilai Bahasa Indonesia siswa sekolah dasar, khususnya dalamketerampilan menulis karangan deskripsi.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Model Example Non Example, Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi | |||||||||
Subjects: | Pendidikan | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | ms istiqomah ratna | |||||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2023 07:12 | |||||||||
Last Modified: | 14 Aug 2023 07:12 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3469 |
Actions (login required)
View Item |