FILSAFAT ILMU DALAM OLAHRAGA DAN PENDIDIKAN JASMANI

Prof Firmansyah Dlis, M.Pd, Prof Firmansyah Dlis, M.Pd (2020) FILSAFAT ILMU DALAM OLAHRAGA DAN PENDIDIKAN JASMANI. Akademia Pustaka, Tulungagung. (Unpublished)

[img] Text
Buku Filsafat Ilmu dalam Olahraga dan Pendidikan Jasmani.pdf

Download (4MB)

Abstract

A. Pendahuluan Sebelum kita mulai menjelaskan proses “melakukan” sejarah, sebuah pertanyaan dasar perlu diajukan dan dijawab: Mengapa mempelajari sejarah? Mungkin tidak langsung terlihat jelas bahwa studi tentang kisahnya di bidang mana pun, termasuk olahraga dan pendidikan fisik, dapat mengarah pada kehidupan yang lebih tercerahkan dan produktif. Banyak orang berpendapat bahwa mengetahui sejarah tidak relevan dengan kehidupan mereka. Salah satu aspek dari karakter kita adalah keyakinan umum bahwa kita sedang menuju "ke masa depan", dan aspek paling jelas dari sejarah adalah bahwa itu ada di masa lalu — dan seterusnya. Yang membuat hal-hal menjadi lebih bermasalah adalah bahwa studi tentang sejarah (bahkan sejarah olahraga) kadang-kadang dianggap membosankan, berulang-ulang, dan tidak langsung berhubungan dengan kehidupan mereka yang membaca tentang sejarah. Seperti argumennya, karena para pemain dan peristiwa dalam sejarah ada di belakang kita, peristiwa dan orang-orang ini tidak memiliki relevansi dalam hidup kita. Perspektif skeptis terhadap studi sejarah ini dapat disingkirkan setidaknya sebagian dengan beberapa pengamatan. Para mahasiswa sejarah telah menemukan bahwa sejarah seringkali memberikan perspektif yang mencerahkan tentang mengapa kita berperilaku dan berpikir di masa kini dan menawarkan dasar untuk meramalkan masa depan. Namun, sejarah bukanlah satu- satunya jawaban mengapa kita berpikir dan bertindak seperti yang kita lakukan, juga bukan satu-satunya cara kita dapat meramalkan apa yang akan terjadi. Sejarah memberikan perspektif tertentu — dan ketika dilakukan dengan baik, perspektif yang tercerahkan — tentang mengapa kita berpikir dan berperilaku seperti yang kita lakukan dan bagaimana kita seharusnya berpikir dan berperilaku di masa depan. Argumen untuk memahami sejarah ini dikemukakan dengan sangat fasih oleh filsuf (George Santayana, 1863–1952): “Kemajuan, jauh dari terdiri dari perubahan, bergantung pada retensi. Mereka yang tidak dapat mengingat masa lalu dikutuk untuk mengulanginya. "Cendekiawan dan jurnalis terkemuka (Norman Cousins ,1915–1990) memiliki pandangan serupa: “Sejarah adalah sistem peringatan dini yang luas”. Terlepas dari kepercayaan profesional Santayana dan Sepupu, ada alasan tambahan untuk mempelajari sejarah. Studi / penyelidikan sejarah dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi yang dramatis. Prestasi dan pencapaian epik — serta kekecewaan dan kekalahan — yang dibawa oleh individu, kelompok, atau seluruh peradaban memberikan bukti yang menarik untuk keberanian, keberanian, dan pengorbanan atas nama pencapaian monumental — dan kegagalan kolosal. Kemampuan Anda untuk "berpikir di luar kotak", keterampilan yang dihargai oleh pemberi kerja dan salah satu ciri pencapaian intelektual, sebagian besar bergantung pada pemahaman dan penerapan proses berpikir kritis Anda. Memahami dan menerapkan pelajaran sejarah — terutama sejarah gagasan dan rekam jejak keberhasilan atau kegagalannya — akan menunjukkan kemampuan analitis Anda untuk berpikir di luar kotak dan melampaui status quo. Studi tentang sejarah penuh dengan contoh ide, keyakinan, eksperimen sosial, dan arsitektur yang telah dimasukkan ke tong sampah sejarah karena gagal atau telah bertahan dalam ujian waktu sejauh itu (ide, keyakinan, dan seterusnya) tetap penting dan indah hari ini seperti saat pertama kali diciptakan. Dalam banyak kasus, ide dan pendekatan abadi yang kita gunakan saat ini dikembangkan berabad-abad atau bahkan ribuan tahun yang lalu. Misalnya, orang Yunani kuno menggunakan istilah stadion, yang pada mulanya merupakan satuan ukuran, sekitar 600 kaki kuno. Orang Yunani yang inventif kemudian mengadakan perlombaan jalan kaki yang mencakup 600 kaki dan, seperti yang sudah Anda duga, menyebut perlombaan ini sebagai "stadion" (kadang-kadang disebut "perlombaan stade"). Tak lama kemudian, istilah stadion digunakan untuk mengidentifikasi lokasi tempat perlombaan diadakan. Seiring waktu, stadion ini dikenal sebagai tempat berlangsungnya kompetisi atletik — dan sisanya, seperti kata mereka, adalah sejarah! Tradisi lain yang telah dibawa dari zaman kuno ke dunia modern ditemukan dalam pacuan kuda. Olahraga ini sangat populer di jaman dahulu, terutama di Roma. Dalam perlombaan kereta, yang sering diadakan di Circus Maximus berkapasitas 250.000, tim diwakili oleh empat faksi atau sindikat yang dapat diidentifikasi dengan warna masing-masing: Merah, Biru, Hijau, dan Putih. Para pembalap mengenakan warna-warna ini sehingga para penggemar yang mempertaruhkan uang mereka untuk hasil dapat menyaksikan kemajuan balapan dan menyemangati pembalap atau joki mereka untuk meraih kemenanganDan hari ini, para joki mengenakan sutra dengan berbagai warna yang mengidentifikasi kuda dan pemiliknya. Dalam pengertian ini, beberapa hal mungkin tidak akan pernah berubah jika ide aslinya bagus. Ide-ide dan praktik kuno yang telah bertahan dalam ujian waktu ini tetap dihargai hari ini seperti saat diperkenalkan. Karya sastra yang hebat, seperti The Iliad dan The Odyssey; pemikiran dan gagasan filsuf kuno seperti Socrates dan Plato; Monumen arsitektur besar seperti piramida Mesir, Parthenon di Athena, atau Colosseum di Roma — semuanya adalah bagian dari tatanan sosial dan budaya yang kaya yang merupakan sejarah dan inspirasi. Tentu saja, sejarah dapat memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda. Meskipun kami menggunakan ceritanya untuk mempelajari olahraga dan pendidikan jasmani, sejarah juga banyak digunakan untuk mempelajari politik, teologi, ongkos perang, ilmu cuaca, ekonomi, dan bidang serta disiplin ilmu lain yang memengaruhi umat manusia dan planet Bumi. Sejarawan, antropolog, sosiologi, dan arkeolog mempelajari pria dan wanita yang telah memainkan peran penting dalam membentuk jalannya sejarah, kuno dan modern. Apakah Anda yakin bahwa pepatah mengatakan "Semakin banyak hal berubah, semakin mereka tetap sama"? Seperti yang akan kita lihat nanti dalam buku ini, banyak dari perhatian, tujuan, harapan, dan impian yang sama yang kebanyakan dari kita miliki saat ini dimiliki oleh pria, wanita, dan anak-anak yang hidup lima abad atau bahkan empat atau lima milenium yang lalu. Ada sedikit penghiburan mengetahui bahwa pria, wanita, dan anak-anak yang hidup dahulu kala menikmati banyak olahraga yang sama yang kita lakukan saat ini. Atlet kuno berkompetisi dalam gulat, tinju, renang ming, pacuan kuda, lempar cakram dan lembing, dan lomba lari kaki, di antara cabang-cabang lainnya. Atlet masa kini memiliki banyak kesamaan dengan atlet yang bersaing untuk ketenaran, kemuliaan, dan kekayaan di dunia kuno. Apa yang mungkin sangat mencerahkan adalah bahwa "olahraga ekstrim" yang telah menjadi begitu populer di abad kedua puluh satu pucat jika dibandingkan dengan kompetisi dan kecakapan atletik di masa lampau. Setelah membaca Bab 2–4, Anda dapat menarik kesimpulan sendiri tentang olahraga ekstrim da"buffered cultural learn ing" (keterampilan belajar yang diperlukan untuk bertahan hidup di lingkungan yang aman) hingga ekspresi nilai-nilai budaya spesifik c (seperti disiplin dan kerja sama tim). Ahli ologi Soci Jacques Barzun mengamati bahwa "siapa pun yang ingin mengetahui hati dan pikiran Amerika lebih baik belajar bisbol." Barzun berpendapat bahwa bola dasar dan aturannya, cara kita berinteraksi dengan permainan, dan pentingnya budaya kita selama 150 tahun terakhir memberi tahu kita banyak tentang bagaimana kita berpikir dan berperilaku hari ini.

Item Type: Book
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDProf Firmansyah Dlis, M.Pd, Prof Firmansyah Dlis, M.Pd@
UNSPECIFIEDWijayanto, S.Or.,S.Kom.,M.Pd., AIFO, Dr. AdiUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDChotib, MochUNSPECIFIED
Subjects: Panduan
Pendidikan Olahraga
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi S1
Depositing User: ms ria anggraheni
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:45
Last Modified: 25 Jul 2022 03:45
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/320

Actions (login required)

View Item View Item