PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN PASIRGOMBONG 05

Nursopiyanti, Izza Rizky (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN PASIRGOMBONG 05. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
Pendahuluan_Izza Rizky Nursopiyanti.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab1_Izza Rizky Nur.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Bab 2_Izza Rizky Nur.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3_Izza Rizky Nur.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4_Izza Rizky Nur.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5_Izza Rizky Nur.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Izza Rizky Nur.pdf

Download (270kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang menguasai pembelajaran serta kurang dalam bertukar pendapat kepada teman, tingkat daya serap siswa kurang sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas IV SDN Pasir Gombong 05. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN Pasir Gombong 05, adapun sampelnya yaitu kelas IV. A dan kelas IV.B dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian pada saat pretest (tes awal) dan postest (tes akhir). Hasil belajar IPA berdasarkan hasil N-Gain kelas eksperimen termasuk kategori tinggi (N-Gain > 0,7) dengan nilai 1,32 dan hasil N-Gain kelas kontrol termasuk kategori sedang (Nilai 0,3 > N-Gain > 0,07) dengan nilai 0,25. Hasil hipotesis hasil belajar mata pelajaran IPA menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu 7,001 > 2,02439 pada taraf signifikan α = 0,05 maka H0 ditolak H1 diterima. Dengan demikian model Inside Outside Circle (IOC) lebih berpengaruh dari model konvensional terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Pasir Gombong 05.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSumirat, Fanny0426107901
UNSPECIFIEDRikmasari, Rima0404108202
Keywords / Kata Kunci: model pembelajaran, model inside outside circle, hasil belajar IPA
Subjects: Deskriptif
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Ms. Izza Rizky
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:01
Last Modified: 07 Aug 2023 07:01
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3198

Actions (login required)

View Item View Item